Beberapa waktu belakangan ini ada banyak sekali pembahasan mengenai social media marketing. Apakah Anda pernah mendengar istilah satu ini? Sosmed marketing atau pemasaran via sosial media merupakan salah satu metode marketing yang sangat populer di era modern ini.
Bukan tanpa alasan, pengguna sosial media ini memang terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Tidak hanya penggunanya saja, bahkan jumlah sosial media itu sendiri terus saja bertambah di era modern ini.
Ini merupakan bukti kalau komunikasi secara digital sangat diminati oleh masyarakat modern. Tidak hanya di Indonesia saja hal ini juga berlaku di luar negeri. Terlebih lagi di negara-negara maju. Tentu saja ada banyak dampak positif yang bisa kita ambil dari momentum tersebut.
Salah satunya adalah memberikan Anda kemudahan dalam melakukan pemasaran secara digital. Ada banyak sekali pihak yang menjadikan pemasaran digital sebagai sarana marketing utama produk mereka. Bahkan perusahaan-perusahaan besar juga melakukan metode tersebut.
Pengertian Social Media Marketing atau Pemasaran Sosial Media
Sebelum kita melakukan pembahasan yang jauh lebih spesifik, hal pertama yang harus Anda pahami adalah pengertian dari sosmed marketing itu sendiri. Istilah sosmed marketing bisa kita anggap sebagai penggunaan sosial media sebagai sarana untuk memasarkan layanan atau produk dari sebuah perusahaan.
Lebih simpelnya lagi, pemasaran sosial media ini adalah pemasaran yang dilakukan melalui berbagai platform sosmed di era modern ini. Ada banyak sekali jenis sosial media yang biasa digunakan oleh Para pemasar.
Di antaranya adalah Instagram, Facebook atau bahkan Twitter. Ketika Anda melakukan pemesanan via sosial media tentu saja ada jenjang usia yang sangat luas dan demografi yang tidak terbatas. Target audiens Anda bisa datang dari banyak kalangan.
Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapat oleh perusahaan ketika melakukan social media marketing ini. Salah satunya adalah kemudahan untuk menjangkau pelanggan lama atau repeat order. Di sisi lain, mereka juga bisa menjaring banyak pelanggan baru di platform tersebut.
Tentunya pemasaran melalui sosial media ini memiliki banyak sekali keunggulan. Di antaranya adalah keberadaan analytic tools yang memungkinkan Anda untuk meriset pasar dengan mudah.
Contohnya adalah Google Analytics, Synaptics, Curalate hingga Sprout Social.
Beberapa tools analitik tersebut memungkinkan perusahaan untuk memantau kampanye yang mereka lakukan secara spesifik. Hal ini tentu memudahkan mereka untuk menganalisis kekurangan dan kelebihan pada proses kampanye tersebut.
Manfaat Penerapan Social Media Marketing
Ada banyak alasan kenapa para pebisnis lebih cenderung menggunakan pemasaran via sosmed di era modern ini. Salah satunya adalah benefit yang bisa mereka dapatkan dari sesi pemasaran digital tersebut. Jarang orang tahu kalau sosial media digunakan oleh hampir 50% dari penduduk bumi ini.
Di Indonesia sendiri ratenya jauh lebih tinggi karena persentase pengguna sosmed mencapai 61,8% dari total jumlah penduduk. Artinya ada sekitar 170 juta jiwa pengguna sosmed dari 274 juta jiwa total penduduk Indonesia.
Ini merupakan bukti kalau pengguna sosmed menjadi salah satu pasar paling utama di dalam penjualan produk apapun. Setelah kami rangkum dari berbagai sumber, ternyata ada 6 manfaat utama yang bisa Anda dapat ketika menggunakan sarana pemasaran satu ini di dalam bisnis.
1. Social Media Marketing dapat Meningkatkan Brand Awareness
Keuntungan pertama yang bisa didapat dari penerapan social media ini adalah meningkatkan brand awareness. Brand awareness atau kesadaran merek adalah kondisi di mana konsumen langsung mengenali dari perusahaan kita ketika pertama kali mendengar atau melihat produk.
Pada awal pemasaran, mungkin para pelanggan tidak akan mengenali produk-produk yang Anda pasarkan. Tapi jika Anda terus-menerus melakukan unggahan di media sosial, maka para pengguna sosmed akan terbiasa melihat unggahan tersebut dan mengenali produk Anda.
2. Meningkatkan User Engagement
Manfaat lain dari social media marketing ini adalah meningkatkan user engagement. Artinya masyarakat atau target audiens Anda sudah mulai mengetahui produk yang dipasarkan. Mereka juga Mulai memberikan perhatian lebih terhadap postingan-postingan Anda di sosial media.
Hal ini kemudian bisa meningkatkan komunikasi dan interaksi antara Anda dengan pengguna sosmed. Jika hal ini terjadi dalam jangka panjang secara otomatis potensi penjualan Anda akan terus meningkat. Ini dikarenakan ada banyak konsumen baru yang bermunculan dari sosial media itu sendiri.
3. Memetakan Target Pasar
Manfaat lain dari social media marketing ini adalah pemetaan target pasar yang spesifik. Dengan menggunakan sosmed Anda bisa mengetahui informasi rentang usia, jenis kelamin, lokasi dan berbagai informasi penting lain dari para konsumen.
Pengetahuan ini akan memudahkan Anda untuk menentukan metode pemasaran yang paling pas terhadap target audiens tersebut. Jika informasi ini dikelola dengan baik, Anda bisa dengan mudah bersaing dengan para kompetitor yang ada di sosial media.
4. Mengetahui Respon Pelanggan
Manfaat lain dari social media marketing ini adalah mengetahui respon pelanggan dengan baik. Hal ini juga sangat mudah untuk diketahui karena Anda hanya tinggal melihat seberapa banyak komentar atau like yang pelanggan berikan di sosmed.
Semakin banyak komentar atau like yang didapat, berarti respon para pelanggan terbilang sangat bagus terhadap produk Anda. Sebaliknya jika komen atau like yang diberikan tidak banyak, berarti respon yang diberikan oleh pelanggan tidak terlalu bagus.
Berikut Jenis-Jenis Social Media Marketing
Selain memahami beberapa manfaat dari pemasaran sosmed yang sudah kami jelaskan di atas, penting juga bagi Anda untuk memahami jenis-jenis dari pemasaran sosial media itu sendiri. Dikutip dari berbagai sumber ada beberapa informasi penting terkait masing-masing jenis sosmed yang harus Anda pahami.
1. Instagram
Instagram merupakan salah satu platform sosial media terbaik yang bisa Anda jadikan sarana utama dalam proses pemasaran. Sosial media satu ini memiliki Daily Active Users (DAU) atau pengguna aktif harian sebesar 500 juta orang pada tahun 2021 lalu.
Saat ini total pengguna Instagram mencapai 1,386 miliar orang dan terus mengalami pertumbuhan setiap harinya. Adapun mayoritas rentang usia para pengguna Instagram ini berkisar antara 18 sampai 35 tahun. Saat ini Instagram menempati posisi ke-4 sosial media terpopuler jika dilihat dari penggunanya.
2. Twitter
Twitter menjadi sarana social media marketing lain yang tidak kalah direkomendasikan. Pengguna Harian dari media sosial satu ini mencapai 211 juta orang pada tahun 2021 lalu. Jumlah total pengguna Twitter sendiri sudah mencapai 1,3 miliar akun dan menempatkannya di posisi kelima sosial media terpopuler.
Pengguna Twitter sendiri datang dari kalangan berusia 18 hingga 45 tahun. Karena rentang usianya jauh lebih luas, Twitter dianggap sebagai platform yang paling tepat untuk membangun citra dari produk Anda. Pastikan Anda berkomunikasi secara aktif dengan para pelanggan di dalamnya.
3. WhatsApp
WhatsApp merupakan sosial media yang menduduki posisi ketiga dari sekian banyak medsos yang ada saat ini. Pengguna Harian dari platform satu ini mencapai 2 miliar orang pada tahun 2021 lalu. Pengguna dari platform satu ini sudah mencapai 1,6 miliar orang di seluruh penjuru dunia.
Rentang usia pengguna Whatsapp ini datang dari usia 15 hingga 45 tahun. WhatsApp Riri memang tidak memiliki jangkauan yang luas seperti Twitter atau Instagram. Namun WhatsApp ini menjadi salah satu platform penting yang bisa mempermudah Anda dalam melakukan pemasaran digital.
4. YouTube
Platform social media marketing terbaik selanjutnya adalah YouTube. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh para ahli pengguna Harian dari YouTube mencapai 283 juta orang pada tahun 2021 lalu. Total pengguna YouTube sendiri sangat banyak karena mencapai 2,29 miliar dan terus bertambah hingga saat ini.
Rentang usia dari pengguna YouTube juga cukup luas karena berada di angka 18 sampai 55 tahun. Inilah yang menjadikan YouTube sebagai salah satu sarana pemasaran terbaik yang ada saat ini. YouTube sendiri menempati posisi kedua pada ranking sosial media terpopuler saat ini.
5. Facebook
Rekomendasi terbaik untuk social media Marketing adalah Facebook. Faktor satu ini memiliki pengguna aktif harian mencapai 1,9 miliar orang pada tahun 2021 lalu. Total pengguna dari Facebook sendiri sudah mencapai 2,85 miliar orang di tahun yang sama.
Rentang usia pengguna Facebook ini berkisar antara 18 hingga 45 tahun dan menjadi hanya sebagai sosial media terpopuler sepanjang masa jika dilihat dari jumlah penggunanya. Facebook sendiri memang terbilang sebagai social media yang sangat tahan lama. Hal ini dikarenakan inovasi yang dilakukan oleh pengembang di dalamnya.
Cara Kerja Social Media Marketing
Setelah memahami poin-poin yang sudah kami jelaskan di atas kini saatnya Anda memahami Bagaimana cara kerja dari sosial media marketing itu sendiri. Untuk memudahkan Anda dalam memahaminya kami telah membagi cara kerja tersebut menjadi beberapa poin di bawah ini.
1. Anda harus menentukan strategi pemasaran terlebih dahulu dengan melihat target audiens tujuan pemasaran hingga jenis sosmed yang akan dijadikan sarana pemasaran.
2. Setelah poin-poin di atas Anda selesaikan kini saatnya Anda melakukan perencanaan dan penerbitan dari konten iklan yang sudah dibuat.`
3. Pastikan untuk selalu menggunakan kalimat promosi yang bisa mengundang minat dari target audiens
4. Anda juga harus melakukan pemantauan dan pengamatan terhadap progres dari pemasaran tersebut.
5. Terakhir Anda harus membuat laporan dan bukti analisis dari progres pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya.
Untuk menambah jangkauan konsumen dan meningkatkan penjualan Anda bisa menggunakan layanan iklan berbayar yang disediakan oleh masing-masing platform sosial media.
Tentunya poin-poin di atas harus Anda lakukan dengan seksama karena dampaknya sangat besar terhadap proses social media marketing yang sedang dilakukan.
Tools yang Menunjang Sosmed Marketing
Sebagaimana metode pemasaran pada umumnya, ada banyak sekali tools yang menunjang kelancaran dari pemasaran via sosial media itu sendiri. Deretan tools ini akan memaksimalkan kelancaran Anda dalam proses pemasaran yang sedang dilakukan.
2. Buffer
3. Awario
4. Talkwalker
Keempat tools di atas merupakan penunjang social media marketing yang paling kompeten dan wajib Anda pahami sedetail mungkin. Ada banyak pemasaran yang bergantung pada riset dari tools tersebut sebelum melakukan pemasaran.
Keunggulan Sosmed Marketing Dibandingkan Jenis Pemasaran Lainnya
Tidak bisa disangkal ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh metode pemasaran sosmed dibandingkan dengan metode pemasaran lain yang ada saat ini. Berikut ini deretan keunggulan tersebut :
- Jangkauan konsumen yang sangat luas
- Biaya pemasaran yang jauh lebih murah
- Tidak ada batasan waktu dalam proses pemasaran
- Ada banyak sekali platform yang bisa dipilih
- Kompatibel dengan berbagai jenis media pemasaran seperti gambar, video, suara, teks dan lain sebagainya.
Tentunya deratan keunggulan di atas menjadi salah satu alasan utama kenapa ada banyak sekali pengusaha dan perusahaan yang yang memasarkan produk mereka melalui sosial media. Bila Anda belum bisa memanfaatkannya alangkah baiknya menggunakan jasa social media marketing yang saat ini bisa kita temukan di internet.