Strategi Marketing Instagram, Berikut Tips yang dapat Dicoba

Oleh

Assyfa

Strategi marketing Instagram patut untuk dilakukan guna mempromosikan bisnis ataupun produk dari bisnis tersebut. Platform marketing ini merupakan semua upaya pemasaran yang dilakukan melalui media sosial Instagram.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki pengaruh besar dan amat penting didalam suatu bisnis. Hingga sekarang Instagram telah memiliki lebih dari 700 juta user aktif dan sekitar 60 juta foto dibagikan disini.

Instagram menjadi aplikasi populer karena kegunaanya dalam hal berbagi foto dan video. Karena alasan inilah platform tersebut menjadi favorit para pelaku usaha dalam membangun dan mengembangkan usaha miliknya.

"<yoastmark

Strategi Marketing Instagram dengan Optimasi Identitas Brand

Strategi marketing Instagram menjadi pilihan banyak pemilik usaha untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan usaha yang sedang mereka bangun. Terlebih untuk para pebisnis kecil, platform ini menjadi opsi strategi pemasaran.

Pemilihan ini karena Instagram tidak membutuhkan biaya terlalu besar dalam memasang iklan. Karena populernya marketing menggunakan aplikasi ini, maka perlu diketahui strategi dalam penggunaanya agar bisnis dapat tetap bersaing dengan kompetitor.

1. Strategi marketing Instagram dengan Optimalisasi Username dan Bio

Strategi marketing aplikasi Instagram pertama adalah manfaatkan dengan baik Username dan juga bio di Instagram bisnis. Agar akun mudah untuk ditemukan oleh para konsumen, buatlah username sama dengan username Instagram bisnis.

Tulis Informasi atau bio yang ditulis adalah website bisnis. Biasanya ini terletak di kolom URL dan dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau konten baru di website. Gunakan bio untuk menjelaskan apa bisnis Anda.

Dapat juga memasukkan beberapa hastag barang-barang branded yang mungkin pengikut Anda gunakan. Branded hastag adalah sebuah hastag yang dapat digunakan untuk aktivitas promosi dan launching produk.

Dengan branded hastag, pengikut tinggal mencari dan mengikuti hastag tersebut agar tahu tentang bisnis Anda. Untuk itu perlu untuk optimalisasi username dan bio di Platform bisnis ini.

2. Gunakan Foto Profil yang Menarik

Foto profil juga dapat berpengaruh pada strategi marketing Instagram Anda. Gunakan foto berupa logo perusahaan. Sama seperti Username, gunakan foto profil yang sama di semua media sosial agar membantu pengikut mengenali brand.

Karena format foto Instagram memiliki bentuk lingkaran, maka pastikan terlebih dahulu bahwa foto dapat terlihat dengan baik di format tersebut. Pihak aplikasi biasanya menyarankan gunakan foto dengan ukuran 110 pixel.

Tetapi ada baiknya gunakan gambar dengan resolusi lebih besar. Hal ini agar foto tetap terlihat dengan jelas ketika pengikut membuka foto profil apabila membuka melalui layar PC atau desktop.

3. Ikuti Akun Lain yang Memiliki Bisnis Sama

Mulailah mengikuti akun Instagram lain yang memiliki jenis bisnis seperti Anda. Demografis aplikasi ini dapat dikatakan sangat luas. Tentukan target pasar sehingga nantinya dapat mengetahui audience seperti apa yang diinginkan.

Anda juga dapat meninggalkan beberapa komentar di foto akun lain dan mengikuti orang-orang yang berpartisipasi dalam percakapan di berbagai akun. Langkah ini dapat membantu mengembangkan pengikut Instagram dengan cepat.

Jangan lupa juga turut mempromosikan akun bisnis di website atau profil media sosial yang lain agar dapat dengan cepat bisnis Anda diketahui oleh orang lain. Ini juga merupakan salah satu media cross promotion.

4. Pertahankan Konsistensi Publikasi Konten

Agar memiliki akun Instagram yang sukses, strategi marketing Instagram berikutnya yaitu rutin publikasi konten. Untuk melakukan ini Anda harus menjadi aktif di aplikasi ini. Rutin posting foto atau video setiap beberapa waktu sekali, minimal sekali dalam sehari.

Dapat juga merepost foto atau video dari akun lain yang berkaitan dengan bisnis Anda. Tetapi jangan terlalu sering untuk memposting karena dapat mengakibatkan pengikut menjadi jenuh melihat akun terus menerus muncul di timeline mereka.

5. Tentukan Tujuan Pembuatan Akun Instagram Bisnis

Sama seperti cara marketing pada bisnis lainnya, Startegi marketing Instagram bisnis juga butuh strategi. Apa yang diharapkan dari menggunakan platform bisnis ini. Objektif dari strategi marketing dapat diintegrasikan dengan objektif pada keseluruhan bisnis.

Tentukan apakah akun akan digunakan untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan traffic pada website, meningkatkan brand awarness, meningkatkan kepuasan pelanggan atau ingin membangun koneksi dengan influencers.

Baca Juga : 6+ Jenis Strategi Marketing Online yang Efektif dan Efisien

Tips Strategi Marketing Instagram Bisnis
Tips Strategi Marketing Instagram Bisnis

Tips Strategi Marketing Instagram Bisnis

Dengan akun bisnis, perlu dilakukan penyusunan rencana strategi marketing agar membangun komunitas kuat dan dapat melihat hasil dengan jelas dari bisnis yang dijalankan. Berikut kami jelaskan beberapa strategi marketing Instagram tersebut.

1. Perhatikan Waktu Saat Akan Upload Konten

Salah satu hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan waktu posting konten ke dalam aplikasi bisnis Anda. Perlu perhatikan rutin posting agar tidak mengganggu pengikut Anda karena upload konten terlalu berlebihan.

Salah satu strategi marketing Instagram yang dapat dilakukan untuk melihat waktu posting adalah dengan menjadwalkan postingan. Lakukan test di waktu berbeda dan lihat bagaimana hasilnya.

Perhatikan postingan mana yang memiliki engagement tinggi. Engagement tinggi dapat dilihat dari jumlah likes dan komentar paling banyak. Setelah melihat hal tersebut, catat waktu tersebut agar menjadi jadwal postingan Instagram Bisnis.

2. Tentukan Tema Postingan

Pilihlah konten dengan tema berbeda di setiap postingan. Hal ini agar konsumen tidak bosan dengan tema konten yang sama setiap postingan. Selain itu, konten berbeda dapat membantu untuk mencapai objektif berbeda-beda.

Contohnya akun Instagram sebuah sekolah memiliki objektif guna meningkatkan brand awarness dan mencari murid baru. Akun ini tentunya dapat memilih tema konten berupa kontes, cerita alumni prestasi murid dan juga kehidupan sekolah.

3. Buat Pedoman Konten

Instagram merupakan sebuah brand yang sebaiknya memiliki style sendiri agar dapat membedakan akun Anda dengan akun lain atau brand lain. Coba buat pedoman tentang postingan feed Anda. Apakah ingin menggunakan emoji dalam caption atau tidak.

Menggunakan bahasa formal atau informal serta menggunakan ilustrasi atau tidak pada setiap postingan. Dapat dikatakan bahwa pedoman konten merupakan template untuk postingan agar membuat konten terlihat berbeda, konsisten dan mudah untuk diingat.

4. Buat Pedoman Engagement untuk Membalas Pesan dan Komentar

Pedoman ini dibuat untuk menentukan bagaimana sebaiknya bisnis berinteraksi dengan berbagai macam akun lain yang menjadi pelanggan. Dari memberi like back dan komentar di foto atau video akun lain sampai dengan merespon komentar-komentar yang masuk ke akun platform bisnis Anda.

5. Gunakan Gaya Visual yang Konsisten

Sebuah penelitian mengenai visual media sosial menunjukkan bahwa sekitar 60 persen dari brand terkenal menggunakan gaya visual sama pada setiap postingan. Dengan menggunakan filter sama pada semua postingan, akun Instagram memiliki sebuah identitas khas.

Dengan identitas khas ini, akun menjadi mudah dikenali oleh pengikut. Karena salah satu tujuan dalam penggunaan Instagram adalah untuk mendapatkan likes dan komentar. Semakin mudah dikenali, maka semakin besar kemungkinan banyaknya likes dan komentar.

Agar dapat membantu dalam membuat visual konsisten dapat menggunakan aplikasi editing seperti VSCOcam dan Enhance. Aplikasi ini telah menyediakan filter dan beberapa opsi editing yang sangat membantu dalam menemukan style sesuai dengan brand Anda.

6. Strategi Marketing Instagram Tentukan Subjek yang Ingin Ditampilkan

Secara visual, strategi ini perlu menentukan konten apa yang ingin dijadikan fokus dari akun bisnis. Jika ingin menjual baju, foto-foto yang akan diupload di akun aplikasi bisnis ini berupa foto-foto baju yang akan dijual.

Jika memiliki restoran, tentunya konten yang akan diupload berupa foto-foto makanan khas dari restoran. Namun, tentu saja boleh beberapa kali mengupload foto yang mungkin tidak terkait dengan bisnis Anda.

Akan tetapi postingan tersebut harus dapat menarik bagi follower Anda. Seperti foto binatang peliharaan atau foto staff bisnis agar menjadikan profil platform bisnis Anda menjadi lebih personal.

7. Gunakan Branded Hashtags

Walaupun Instagram adalah sosial media yang mengutamakan visual, terdapat beberapa elemen non-visual yang perlu ditambahkan ke akun bisnis Anda, seperti misalnya gaya caption dan pemberian Hashtag.

Salah satu teknik yang cukup populer digunakan adalah branded hashtags. Hal ini bukan berarti hanya menggunakan nama perusahaan sebagai hashtag. Anda juga dapat membuat hashtag agar melambangkan atau merepresentasikan merk dagang dan mendorong pengikut untuk berbagi foto sesuai dengan hashtag yang dibuat.

8. Strategi Marketing Instagram dengan Mengenali Identitas Pengikut Anda

Bisnis akan sulit berhasil di Instagram apabila strategi marketing di instagram hanya menirukan strategi dari brand lain. Perhatikan pengikut dan pastikan Anda melayani sesuai dengan kepentingan dan keinginan mereka.

Lihatlah apa yang akan bekerja untuk bisnis Anda di jejaring sosial yang lain. Konten apa yang dibagikan pengikut di Instagram dan bagaimana mereka berinteraksi dan berkomunikasi dengan pesaing atau brand sejenis dengan Anda.

9. Berfikir Kreatif

Ambil foto, tambahkan filter atau visual lalu post konten tersebut. Tiga langkah ini merupakan langkah strategi marketing instagram dasar dalam penggunaan Instagram bisnis. Langkah tersebut mungkin akan berhasil saat platform ini masih dalam tahap awal peluncuran.

Namun platform satu ini telah banyak berubah dan saat ini banyak menawarkan kesempatan bagi para pebisnis untuk berbagi berbagai jenis konten interaktif dan tentu saja menarik.

10. Gunakan Caption dalam Setiap Postingan

Platform jenis ini sekarang mungkin berisi konten visual memikat, namun jangan sampai mengabaikan caption agar menyertai setiap postingan. Caption memberikan Anda peluang lebih besar bagi bisnis untuk menceritakan sebuah kisah.

Caption dalam postingan Instagram memungkinkan Anda untuk memperluas foto, memberikan konteks foto tersebut dan bahkan membuat pengikut Anda terhibur terutama jika menggunakan emoji pada caption tersebut.

11. Manfaatkan Fitur Instagram Story

Menurut data, Instagram Story telah mengumpulkan sekitar 250 juta jumlah pengguna harian. Hal ini membuktikan bahwa bisnis harus dapat memanfaatkan fitur dari platform media sosial ini untuk mempromosikan brand bisnisnya.

Fitur story dapat menjadi fitur bagi pelaku bisnis untuk mengasah kreatifitas serta menciptakan konten berupa foto dan video agar menarik perhatian publik. Dengan memanfaatkan strategi marketing Instagram Story produk bisnis Anda juga dapat terpromosikan.

12. Manfaatkan Fitur Album pada Postingan

Fitur ini membuat Anda dapat menambahkan 5 hingga 10 foto atau video ke dalam satu postingan feed. Dengan fitur ini maka dapat memberi pengikut kesempatan untuk menggeser dan melihat-lihat setiap konten foto atau video secara individual.

Fitur album ini menawarkan metode promosi bisnis atau produk dengan cara menceritakan atau menyampaikan informasi yang menggabungkan foto dan video agar terlihat menarik bagi para pengikut.

13. Strategi Marketing Instagram Kerjasama dengan Influencer

Strategi yang terakhir yaitu mencari influencer yang relevan dengan merk atau bisnis Anda agar dapat membantu mempromosikan produk dan mulai membangun hubungan dengan mereka. Hubungi mereka untuk diajak bekerjasama dalam membuat konten sponsor di akun mereka sendiri.

Mensponsori mereka dengan produk atau layanan dari bisnis Anda bisa menjadi cara yang baik untuk mengekspos merk Anda ke komunitas Instagram yang lebih besar. Meskipun banyak influencer mengenakan biaya mahal jika ingin bekerja sama dengan mereka.

Namun masih banyak influencer di Instagram yang mungkin mengenakan biaya sedikit lebih rendah sesuai dengan jumlah follower dan jangkauan masih sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Penting untuk selalu diingat bahwa pengguna Instagram sangat menghargai konten yang berkualitas tinggi. Gunakan strategi marketing Instagram dengan membuat konten foto atau video yang dapat memberi pelanggan Anda informasi atau promosikan merk Anda dengan cara baru dan unik.

Baca Juga : Apa itu Influencer?

Bagikan:

Tinggalkan komentar