20+ Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga dan Bagaimana Cara Merintisnya
20+ Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga dan Bagaimana Cara Merintisnya

20+ Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga dan Bagaimana Cara Merintisnya?

Diposting pada

Daftar Isi

Tugas ibu rumah tangga bukan hanya mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah. Ibu rumah tangga juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mulai membuka dan menjalankan bisnis ibu rumah tangga.

Memangnya apa saja keuntungan usaha sampingan ibu rumah tangga? Apa saja Jenis bisnis ibu rumah tangga yang memiliki peluang tinggi dan menguntungkan?

Anda bisa memperoleh informasi tentang bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan dengan membaca artikel berikut ini!

Pengertian Bisnis Ibu Rumah Tangga

Pengertian Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bisnis merupakan suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan untuk menjual barang dan jasa demi memperoleh keuntungan atau laba.

Pengertian bisnis ibu rumah tangga adalah sebuah bisnis yang dijalankan oleh seorang ibu rumah tangga yang sudah memiliki atau belum memiliki anak.

Bisnis ibu rumah tangga umumnya dijalankan oleh ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luang atau menambah penghasilan.

Bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga sangat beragam contohnya. Keahlian yang diperlukan untuk masing-masing jenis bisnis juga berbeda-beda.

Pada umumnya memulai bisnis ibu rumah tangga seperti ini dilakukan sesuai dengan keahlian yang mereka miliki. Selain itu, modal usaha juga menentukan skala bisnis yang bisa dikerjakan ibu rumah tangga.

Bisnis ibu rumah tangga juga dapat dikerjakan di mana saja baik secara offline maupun online atau bahkan gabungan keduanya. Hal ini tergantung dari jenis bisnis yang dijalankan.

Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga memiliki peluang atau kesempatan besar untuk memulai suatu usaha dan mengembangkannya hingga sukses.

Hal ini karena ibu rumah tangga pastinya memiliki keterampilan yang dapat dikembangkan untuk dijadikan bisnis.

Selain itu, banyak juga oran-orang yang membutuhkan jasa atau produk tertentu yang dapat dijadikan ide bisnis ibu rumah tangga. Misalnya, usaha di bidang fashion, kuliner, kebutuhan pokok, kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Peluang usaha rumahan kini juga semakin meningkat terlebih banyak usaha yang bisa dijalankan secara online oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga.

Tingginya peluang bisnis ibu rumah tangga juga ditandai dengan mulai munculnya komunitas bisnis ibu rumah tangga.

Selain itu, sudah banyak juga ibu rumah tangga yang sukses dengan usaha yang dikerjakannya.

Bukti nyata ini juga menunjukkan bahwa jenis usaha sampingan ibu rumah tangga memang memiliki peluang tinggi untuk memperoleh keuntungan finansial maupun keuntungan lainnya.

Keuntungan dan Manfaat Bisnis Ibu Rumah Tangga

Keuntungan dan Manfaat Bisnis Ibu Rumah Tangga

Selain memperoleh laba atau keuntungan finansial, berbagai contoh bisnis ibu rumah tangga juga memiliki banyak keuntungan lainnya.

Apa saja keuntungan yang bisa diperoleh ibu rumah tangga dalam menjalankan ide usaha sampingan ibu rumah tangga?

Berikut ini beberapa keuntungan dan manfaat yang dapat diperoleh dalam menjalankan bisnis ibu rumah tangga, yaitu:

1. Mendapat Penghasilan Tambahan

Bisnis ibu rumah tangga tanpa modal maupun dengan modal tentu saja akan menghasilkan penghasilan tambahan.

Penghasilan tambahan yang diperoleh dapat dimanfaatkan untuk membantu suami dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, penghasilan tambahan ini juga dapat digunakan untuk menabung atau investasi.

Nantinya, tabungan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan anak di masa yang akan datang. Tabungan juga bisa digunakan sebagai tabungan hari tua.

2. Memiliki Penghasilan tanpa Meninggalkan Kewajiban Utama

Tugas utama ibu rumah tangga sebagai istri dan ibu adalah mempersiapkan segala kebutuhan di rumah. Ketika menjalankan bisnis ibu rumah tangga, Anda mendapatkan kesempatan untuk menjalankannya secara lebih fleksibel dari sisi waktu dan pekerjaan sampingan yang dijalankan.

Waktu yang fleksibel tersebut tentu saja akan membuat Anda tetap bisa menjalankan kewajiban utama ibu rumah tangga sekaligus menjalankan bisnis.

Anda tidak usah takut tidak bisa menjalankan kewajiban ketika menjalankan bisnis sendiri untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

3. Mengisi Waktu Luang dengan Kegiatan Produktif

Ibu rumah tangga yang belum memiliki anak atau memiliki anak-anak usia sekolah pastinya mempunyai lebih banyak waktu luang. Waktu luang ini bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan segala kegiatan atau tugas rumah tangga.

Selain itu, waktu luang tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan produktif, seperti menjalankan usaha ibu rumah tangga 2022.

Kegiatan produktif seperti ini akan menghasilkan pendapatan penghasilan dan lebih bermanfaat untuk banyak orang.

4. Waktu Kerja dapat Diatur Lebih Fleksibel

Keuntungan menjalankan usaha ibu rumah tangga modal besar maupun kecil adalah dapat dijalankan dengan waktu yang lebih fleksibel.

Artinya, Anda bisa menjalankan usaha dengan waktu yang dapat diatur sendiri sesuai keperluan.

Misalnya, Anda bisa menjalankan usaha ketika sudah selesai mempersiapkan segala kebutuhan suami dan anak-anak di pagi hari. Selain itu, bisnis juga bisa dijalankan hingga sore hari sebelum mempersiapkan kebutuhan lainnya, seperti makan malam.

5. Melatih dan Mengembangkan Keterampilan

Ide usaha kecil-kecilan untuk ibu rumah tangga mampu meningkatkan serta mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Jenis keterampilan yang dimaksud tergantung jenis usaha yang dikembangkan.

Misalnya, ibu rumah tangga bisa mengembangkan keterampilan desain dan menjahit baju ketika ia menjalankan usaha di bidang fashion.

Selain itu, ibu rumah tangga bisa meningkatkan kemampuan memasaknya saat menjalankan usaha katering atau usaha lainnya di bidang kuliner.

6. Meningkatkan Potensi dalam Diri

Setiap orang pasti memiliki kemampuan atau potensi di dalam dirinya masing-masing. Salah satu cara untuk meningkatkan atau mengembangkan potensi diri adalah menjalankan bisnis atau usaha. Anda bisa berlatih memulai usaha dari awal hingga mengembangkannya.

Anda juga bisa mengikuti berbagai seminar yang membahas tentang cara memulai bisnis online dari nol untuk ibu rumah tangga.

Seminar seperti itu dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang dunia bisnis.

Anda pun bisa langsung mempraktikkan ilmu yang diperoleh ke dalam bisnis yang dijalani.

7. Menjadi Contoh Bagi Anak untuk Wirausaha

Usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil bisa menjadi salah satu kesempatan bagus untuk memberi contoh nyata kepada anak-anak tentang wirausaha. Anak-anak bisa melihat secara langsung tentang cara menjalankan suatu bisnis.

Tidak hanya itu, anak-anak juga bisa belajar tentang sifat kerja keras, ulet, dan teliti dari ibunya yang menjalankan suatu usaha.

Nantinya, anak-anak pun secara tidak langsung akan memahami bahwa sebuah proses sangat penting dalam mencapai tujuan.

8. Membuka Lapangan Pekerjaan

Ide bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan kini sangat beragam. Jika usaha yang dijalankan tersebut benar-benar diusahakan agar terus berkembang, maka besar kemungkinan bahwa usaha tersebut bisa bertambah besar.

Ketika usaha ibu rumah tangga di kampung maupun di kota bertambah besar, maka ibu rumah tangga bisa membuka lapangan pekerjaan.

Ia bisa menawarkan kepada ibu-ibu rumah tangga lainnya untuk membantu dan bekerja dalam menjalankan bisnisnya.

Selain bisnis yang tumbuh semakin besar dan menguntungkan, tentu saja kesempatan seperti ini akan menguntungkan bagi ibu rumah tangga lainnya.

20 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Layak Dicoba

Bisnis untuk ibu rumah tangga terbukti memberikan banyak keuntungan, sehingga kini banyak ibu rumah tangga memilih menjalankan bisnis.

Banyak jenis bisnis yang dapat dijalankan sesuai dengan keterampilan yang dimiliki ibu rumah tangga.

Usaha apa yang cocok untuk ibu rumah tangga di desa maupun di kota? Berikut ini aneka bisnis rumahan ibu rumah tangga yang dapat dijalankan, yaitu:

1. Jualan Produk-produk Kecantikan

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga dan Bagaimana Cara Merintisnya?

Produk kecantikan merupakan salah satu produk yang kini banyak dicari orang dengan meningkatnya kepedulian terhadap penampilan. Kondisi tersebut membuka peluang usaha di berjualan aneka produk kecantikan atau skincare.

Jualan apa yang paling cepat laku?

Produk kecantikan juga merupakan salah satu produk yang cepat laku dan akan terus terjual setiap bulannya terutama ketika Anda memilki pelanggan setia. Hal ini karena produk kecantikan akan habis setelah digunakan.

Selain itu, pelanggan pasti akan membelinya kembali demi perawatan diri. Oleh karena itu, berjualan aneka produk kecantikan bisa menjadi pilihan usaha yang tepat.

Anda bisa menjual berbagai jenis produk kecantikan. Misalnya, produk skincare wajah, badan, rambut, dan lain sebagainya. Produk skincare yang dijual juga bisa khusus produk remaja maupun dewasa baik itu wanita atau pria.

Anda hanya perlu mempertimbangkan target pasar dari bisnis untuk menetapkan jenis produk kecantikan yang akan dijual.

Tips jualan online laris bagi pemula khususnya untuk produk kecantikan adalah memilih merek produk yang diminati banyak orang.

Pastikan produk kecantikan tersebut diperoleh dari supplier atau produsen produk secara langsung agar kualitas dan harga produk terjamin.

Cara jualan produk kecantikan dapat dilakukan secara dropship maupun reseller. Penjualan secara dropship dapat dilakukan dengan mudah karena Anda hanya perlu melakukan promosi produk dan mencari pelanggan. Supplier akan membantu untuk mengirimkan produk kepada pembeli.

Sementara itu, sistem reseller mengharuskan Anda untuk membeli produk kecantikan terlebih dahulu kemudian menjualnya kembali.

Penjualan produk tersebut dapat dilakukan secara langsung atau offline maupun online dengan pengiriman yang diatur oleh Anda sendiri.

2. Jualan Pakaian

Usaha lainnya yang dapat dilakukan adalah menjual berbagai jenis pakaian. Usaha yang satu ini juga memiliki peluang sukses yang menjanjikan karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan sandang bagi banyak orang.

Cara memulai usaha pakaian dapat dilakukan dengan mencari supplier produk pakaian yang berkualitas. Anda dapat memilih supplier pakaian bayi, anak-anak, remaja, hingga dewasa. Pakaian yang dijual juga bisa khusus pakaian wanita atau pria.

Anda juga bisa menjual produk pakaian khusus muslimah atau jenis pakaian lainnya yang sesuai dengan target pasar. Pastikan jenis pakaian yang dijual sesuai target pasar agar mudah mendapat konsumen dan terjual dalam jumlah yang banyak.

Selain membutuhkan modal yang cukup untuk mulai menjual aneka pakaian, Anda juga harus belajar berbagai tips jualan baju online.

Tips seperti ini sangat penting untuk dipelajari terutama bagi Anda yang ingin berjualan melalui media sosial maupun berbagai marketplace.

Selain dijual secara online, Anda juga bisa menjual pakaian secara offline dengan membuka butik di rumah atau ruko.

Butik pakaian yang dibuka tidak perlu terlalu besar untuk usaha jualan pakaian yang baru dirintis. Anda bahkan bisa membuka butik pakaian sederhana di rumah.

Sama seperti berjualan produk lainnya, berjualan pakaian juga dapat dilakukan dengan sistem dropship maupun reseller. Kedua sistem ini sama-sama memiliki keuntungan dan kemudahannya tersendiri.

3. Affiliate Marketer Aneka Produk

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga dan Bagaimana Cara Merintisnya?

Jenis usaha ibu rumah tangga tanpa modal yang dapat dilakukan adalah menjadi affiliate marketer aneka produk. Usaha yang satu ini termasuk salah satu jenis usaha kekinian yang banyak dijalankan oleh orang-orang termasuk ibu rumah tangga.

Cara menjalankan usahanya pun cukup mudah. Anda hanya perlu bergabung dulu dengan marketplace yang menyediakan program affiliate.

Setelah bergabung, maka Anda bisa melakukan berbagai jenis promosi untuk menawarkan suatu produk kepada para calon pembeli.

Promosi dapat dilakukan dengan membagikan foto maupun video dari penjual di marketplace. Anda juga bisa membuat video atau foto dari produk tersebut sendiri dan membagikannya. Selain membagikan foto dan video, link tempat untuk membeli produk juga harus dibagikan.

Nantinya ketika ada pembeli yang membeli produk dengan cara klik link tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi atau imbalan dari penjualan tersebut.

Besarnya komisi yang diperoleh berbeda-beda  tergantung jenis produk yang dijual dan kebijakan dari marketplace atau penjual produk.

Tips bisnis ibu rumah tangga dalam menjadi affiliate marketer terletak pada usaha promosi yang dilakukan. Semakin besar dan menarik promosi yang dilakukan, maka semakin besar pula peluang konsumen untuk klik link produk yang Anda bagikan.

Anda juga dapat bergabung menjadi affiliate marketer di lebih dari satu marketplace. Jenis produk yang dapat dipromosikan juga tidak terbatas pada jenis-jenis produk tertentu. Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan maupun target pasar.

4. Menjadi Konten Creator

Selain menjadi affiliate marketer, usaha kekinian ibu rumah tangga yang dapat dilakukan adalah menjadi seorang konten creator.

Usaha ini tentunya membutuhkan kreativitas tinggi dari seorang ibu rumah tangga agar dapat menghasilkan konten video atau foto yang menarik.

Selain itu, ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis ini juga harus memiliki media sosial. Media sosial tersebut harus digunakan secara aktif dalam membagikan konten-konten menarik yang dibuat.

Berbagai media sosial yang dapat digunakan yaitu Instagram, TikTok, YouTube, dan media sosial lainnya.

Ketika konten yang Anda buat sudah konsisten memiliki banyak penonton atau viewers, maka dapat dimanfaatkan untuk membuat konten yang berhubungan dengan bisnis. Anda bahkan bisa menjalin kerja sama untuk memasarkan produk tertentu.

Bisnis ibu rumah tangga seperti ini memang membutuhkan ketekunan dalam membuat dan menyebarkan konten menarik. Anda juga harus membuat aneka konten yang fresh setiap harinya agar menarik lebih banyak pengikut.

5. Penulis Harian Lepas (Freelance)

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga dan Bagaimana Cara Merintisnya?

Bisnis ibu rumah tangga online lainnya yang dapat dilakukan adalah menjadi seorang freelancer penulis harian lepas.

Kini banyak website yang mencari penulis artikel untuk membuat artikel-artikel sebagai konten di website tersebut.

Anda bisa menawarkan jasa pembuatan artikel kepada pemilik website secara langsung. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan berbagai komunitas penulis harian lepas yang menawarkan jasa penulisan artikel.

Keuntungannya bergabung di-grup penulis adalah job menulis tidak perlu mencari sendiri dan Anda akan langsung mendapat job menulis sesuai dengan pembagian dari pihak pengelola grub atau komunitas.

Menjadi seorang penulis harian lepas juga termasuk bisnis ibu rumah tangga modal kecil. Modal yang dibutuhkan hanyalah laptop untuk mengetik artikel.

Selain itu, Anda juga membutuhkan jaringan internet untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan dalam menulis artikel.

Fee atau komisi yang didapatkan untuk menulis satu artikel juga cukup menguntungkan. Anda bisa mendapatkan uang komisi penulisan sebesar Rp 8000 hingga Rp 50.000 untuk setiap artikel. Besarnya fee menulis ini tergantung jumlah kata yang ada di dalam suatu artikel.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan bergabung di berbagai komunitas jasa menulis artikel.

Cara bergabung ke komunitas seperti ini juga cukup mudah hanya dengan menulis artikel dengan tema tertentu sebagai salah satu portofolio atau contoh artikel yang bisa dibuat.

6. Designer Freelance

Desainer freelance juga bisa menjadi salah satu pilihan usaha yang dapat dilakukan di mana saja termasuk di rumah.

Oleh karena itu, usaha yang satu ini cocok juga dilakukan ibu rumah tangga yang menghabiskan banyak waktunya di rumah.

Desainer freelancer menjual aneka jenis desain secara online. Cara jualan online untuk ibu rumah tangga yang satu ini dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga yang memiliki keahlian menggunakan software atau aplikasi untuk desain digital.

Selain itu, desainer freelance juga harus memiliki kreativitas tinggi agar menciptakan karya-karya menarik sesuai keinginan client.

Berbagai jenis desain yang dibuat dan dijual dapat berupa desain logo, poster, sertifikat, dan berbagai desain lainnya sesuai permintaan client.

Cara mencari client yang ingin menggunakan jasa Anda dapat dilakukan dengan mempromosikan jasa melalui berbagai media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan situs atau website yang menyediakan pekerjaan freelance bagi para desainer.

7. Membuka Jasa Laundry

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga dan Bagaimana Cara Merintisnya?

Bisnis jasa yang satu ini sangat diminati oleh ibu rumah tangga karena dapat dikerjakan di rumah.

Jasa laundry juga menjadi salah satu jasa yang selalu diminati dan dibutuhkan banyak orang terutama orang-orang perkotaan yang sibuk dengan berbagai aktivitas harian.

Bisnis ibu rumah tangga yang bagus ini dapat dimulai dengan mempersiapkan berbagai keperluan yang dibutuhkan.

Misalnya, mesin cuci, setrika listrik, sabun pencuci baju, pewangi baju, dan berbagai keperluan lainnya.

Ketika membuka jasa laundry, pastikan juga Anda bisa mengerjakannya dalam waktu relatif cepat atau tidak terlalu lama. Hal ini karena customer yang menggunakan jasa laundry memang biasanya ingin baju-baju mereka cepat dicuci dan disetrika agar dapat digunakan.

Selain itu, pelajari juga jenis-jenis bahan atau kain pakaian. Jangan sampai pengetahuan yang kurang membuat baju-baju menjadi sobek, rusak, atau warnanya menjadi luntur.

Jenis jasa laundry lainnya yang dapat dijadikan usaha adalah laundry boneka, karpet, selimut, dan lain sebagainya. Anda juga bisa membuka jasa laundry khusus sepatu ketika memiliki peralatan yang memadai.

Baca Juga : 14 Tips Membangun Usaha Laundry Kiloan Agar Laris Manis

8. Membuka Bimbingan Belajar

Apakah ada bisnis ibu rumah tangga modal kecil untung besar?

Tentu saja ada!

Salah satu jenis bisnis yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga dengan modal kecil adalah membuka jasa bimbingan belajar untuk anak-anak.

Bisnis seperti ini dapat dilakukan di teras atau ruang tamu rumah. Modal utama yang diperlukan sangat minim dan sederhana, misalnya mempersiapkan alat tulis dan papan tulis.

Jika ada modal tambahan, maka Anda juga bisa mempersiapkan meja dan kursi untuk anak-anak yang akan belajar.

Bimbingan belajar bisa dibuka secara umum dalam bentuk kelompok-kelompok belajar atau secara privat individu. Anda bisa membuka kedua metode bimbingan belajar tersebut dengan mengatur waktu atau jadwal yang sesuai.

Cara mempromosikan bisnis jasa seperti ini juga mudah dilakukan. Pertama, Anda bisa mengajak anak-anak di sekitar rumah. Selain itu, jasa bimbingan belajar juga bisa ditwarkan kepada orang tua teman anak-anak Anda.

Anda bisa memulai bimbingan belajar dari tingkat atau level mudah, seperti bimbingan belajar untuk anak-anak usia sekolah dasar. Level bimbingan belajar yang dapat dilakukan bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Bisnis ibu rumah tangga dengan membuka bimbingan belajar tentu saja memiliki kesempatan untuk membuat Anda mendapat keuntungan yang besar.

Anda bisa mematok biaya bimbingan belajar sesuai keinginan, tetapi pastikan untuk tidak terlalu mahal sehingga memberatkan para orang tua.

Baca Juga : 13+ Cara Memulai Usaha Les Privat dan Menyusun Perencanaannya

9. Jasa Menjahit Pakaian

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga dan Bagaimana Cara Merintisnya?

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan atau keterampilan menjahit, maka usaha yang paling cocok adalah membuka jasa menjahit pakaian.

Cara usaha sampingan ibu rumah tangga dapat dilakukan dengan modal utama berupa mesin jahit, benang, kain, dan lain sebagainya.

Usaha menjahit pakaian juga cukup menjanjikan apalagi jika Anda memiliki keterampilan yang bagus.

Kini, masih banyak juga orang yang memilih untuk menjahit pakaian yang rusak atau sobek dari pada membeli yang baru.

Jasa menjahit pakaian yang Anda buka juga bisa dikembangkan dengan memberikan layanan pembuatan baju. Baju atau pakaian yang dibuat dapat disesuaikan dengan desain yang diinginkan oleh client.

Selain itu, Anda juga bisa membuka jasa desain pakaian sekaligus menjahit pakaian tersebut. Jasa seperti ini umumnya dicari oleh para client yang ingin membuat baju untuk pernikahan, tunangan, berbagai acara keluarga, idul fitri, dan lain sebagainya.

Jasa desain sekaligus menjahit pakaian tentu saja bisa menghasilkan keuntungan yang besar, terlebih ketika banyak pesanan masuk.

10. Membuka Usaha Katering Makanan

Usaha katering makanan paling cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan dan ketertarikan di bidang memasak. Jenis usaha katering makanan yang dapat dijalani pun sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kemampuan memasak Anda.

Beberapa jenis usaha katering makanan yang dapat dijalankan oleh ibu rumah tangga adalah katering makanan kantor/perusahaan, katering makanan sehat, katering makanan anak-anak, katering makanan ringan atau camilan, catering makanan pernikahan, dan lain sebagainya.

Jenis usaha katering makanan yang dijalankan juga dapat berupa makanan dalam box atau tempat makanan maupun katering makanan prasmanan. Jenis usaha katering box atau prasmanan dapat disesuaikan juga dengan permintaan client.

Tips memulai bisnis kuliner berupa katering makanan dapat dilakukan dengan melakukan survei jenis katering yang paling dibutuhkan oleh lingkungan sekitar Anda.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan dan mencari supplier bahan baku makanan terpercaya serta murah.

Sebaiknya pelajari juga cara memulai usaha kuliner mulai dari tahap penyusunan anggaran, perencanaan, pengolahan, pelaksanaan, promosi, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Ide Usaha Kuliner yang Bisa Pebisnis Coba

11. Menjual Aneka Camilan

Usaha camilan untuk ibu rumah tangga juga bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat untuk dijalankan. Bisnis ini dapat dijalankan secara online dengan menjual camilan di berbagai online store atau marketplace.

Selain itu, jualan camilan juga dapat dilakukan secara offline. Caranya yaitu dengan menitipkan camilan di koperasi, kantin sekolah, warung-warung, atau bahkan Anda bisa membuka toko sendiri untuk berjualan camilan.

Camilan yang dijual bisa dibuat sendiri sesuai dengan keinginan, kemudian dibungkus dengan kemasan rapi dan menarik.

Agar camilan lebih terpercaya, maka Anda bisa mengurus izin BPOM untuk mendapatkan nomor perizinan mengedarkan atau menjual makanan.

Pilihan lainnya yang dapat dilakukan adalah membeli camilan dalam jumlah yang banyak atau kiloan.

Nantinya, Anda hanya perlu membungkus camilan ke dalam kemasan yang lebih kecil. Pastikan kemasan yang digunakan tetap menarik agar customer pun tertarik membelinya.

Ketika berjualan camilan, Anda harus memastikan bahwa camilan yang dijual tetap renyah dan memiliki rasa yang enak. Berbagai jenis camilan mulai dari camilan asin, pedas, hingga manis dapat menjadi pilihan camilan yang dijual.

Anda juga bisa melakukan survey terlebih dahulu untuk mengetahui kecenderungan rasa camilan yang diinginkan atau paling disukai oleh para pembeli.

Nantinya, camilan yang lebih banyak disukai dapat dijual dengan porsi atau jumlah yang lebih banyak.

Jangan lupa pelajari berbagai tips jualan makanan online mulai dari tahap persiapan, pemilihan supplier, cara menjual, promosi, dan lain sebagainya.

12. Bisnis di Bidang Tanaman Hias

Bagaimana cara ibu rumah tangga menghasilkan uang? Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang tambahan adalah dengan melakukan bisnis di bidang tanaman hias.

Ide bisnis ibu rumah tangga yang satu ini sangat cocok bagi ibu-ibu yang suka merawat tanaman.

Bisnis tanaman hias pun dapat dilakukan di rumah dengan memanfaatkan halaman atau pekarangan rumah.

Bisnis ibu rumah tangga di rumah juga dapat dilakukan dengan mudah asalnya Anda konsisten melakukan perawatan terhadap semua jenis tanaman hias.

Anda bisa merawat berbagai jenis tanaman hias kemudian menjualnya secara langsung. Selain itu, tanaman hias juga dapat dijual secara online, nantinya pembeli bisa datang ke rumah atau Anda yang menghantarkan tanaman hias tersebut ke rumah pembeli.

Pengantaran tanaman hias juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan jasa pengantaran barang yang kini semakin marak.

Namun, jika pengantaran tanaman hias menempuh jarak yang jauh, maka Anda harus mempelajari cara pengemasan dan penanganan yang baik agar tanaman hias tidak rusak.

Bisnis seperti ini dapat dimulai dengan memilih tanaman-tanaman hias yang mudah dirawat. Nantinya bisnis dapat dikembangkan lebih lanjut dengan merawat dan menjual berbagai jenis tanaman hias lainnya.

Bisnis tanaman hias tentunya akan memberikan keuntungan bagi Anda. Selain itu, bisnis tanaman hias juga bisa menjadi sarana untuk menyalurkan hobi ibu rumah tangga terhadap tanaman hias.

13. Menjual Bucket Bunga dan Bucket Snack

Ide usaha kreatif ibu rumah tangga lainnya adalah menjual bucket bunga dan bucket snack. Peluang usaha bucket juga cukup menjanjikan karena dapat digunakan sebagai hadiah untuk berbagai acara.

Misalnya, hadiah pernikahan, wisuda, ulang tahun, anniversary, dan lain-lain.

Tentu saja, ibu rumah tangga yang membuka usaha ini harus memiliki kemampuan dan keterampilan dalam membuat bucket. Tenang saja, keterampilan ini bisa dipelajari secara otodidak dengan adanya berbagai panduan yang dapat diperoleh di internet.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti kelas-kelas atau kursus yang mempelajari cara membuat bucket bunga maupun bucket snack.

Ketika sudah terampil, maka Anda bisa membuat kreasi sendiri untuk bucket bunga dan bucket snack yang akan dijual.

Anda harus mempelajari juga tentang jenis-jenis bunga agar bisa membuat bucket bunga yang cantik. Bunga yang digunakan bisa berupa bunga asli maupun bunga palsu.

Sementara untuk bucket snack, Ada bisa mencari snack-snack yang memiliki kemasan bagus dan mengelompokkannya dalam beberapa kelompok warna. Kombinasi antar snack juga harus diperhatikan agar menciptakan warna bucket snack yang cantik.

Ketika membuka usaha bucket bunga maupun snack sebaiknya sediakan juga dalam beberapa variasi yang memiliki harga berbeda-beda. Jangan lupa buka kesempatan juga untuk menerima pesanan sesuai dengan permintaan client.

14. Usaha Kerajinan Tangan

Bisnis jualan ibu rumah tangga lainnya adalah menjual aneka kerajinan tangan. Ibu rumah tangga yang kreatif dan inovatif pastinya sangat cocok dengan usaha yang satu ini.

Anda juga bisa mempelajari cara membuat aneka kerajinan tangan melalui YouTube atau sumber lainnya.

Jenis kerajinan tangan yang dibuat pun bisa sangat beragam. Anda bisa membuat tempat tissue, tas, vas bunga, bunga-bunga plastik, hiasan dinding, gantungan kunci, souvenir, aneka aksesoris, taplak meja, scrapbook, dan lain sebagainya.

Bahan-bahan untuk membuat kerajinan tangan pun mudah didapatkan di toko-toko aksesoris. Selain itu, kerajinan tangan pun dapat dibuat dengan menggunakan kayu, tanah liat, atau bahan lainnya.

Anda bahkan bisa memanfaatkan barang-barang bekas untuk membuat aneka kerajinan tangan.

Bahan-bahan bekas yang dapat dibuat kerajinan tangan adalah plastik, kemasan makanan, botol minuman, kain perca, dan lain sebagainya.

Kerajinan tangan dari barang-barang bekas memiliki peminat yang cukup banyak seiring berkembangnya kampanye cinta lingkungan.

Nantinya, hasil kerajinan tangan yang dibuat bisa dipasarkan langsung di media sosial maupun marketplace atau online shop.

15. Membuka Toko Sembako di Rumah

Usaha apa yang bisa menghasilkan uang setiap hari?

Salah satu jenis usaha yang dapat menghasilkan uang tiap hari adalah membuka toko sembako atau toko bahan-bahan pokok. Hal ini karena bahan pokok merupakan kebutuhan sehari-hari yang diperlukan setiap orang.

Usaha untuk ibu rumah tangga di desa seperti ini memiliki peluang untuk mendapat keuntungan dalam jumlah besar. Anda bisa memulainya dengan membuka toko atau warung sembako di teras rumah atau membangun warung di halaman rumah.

Jenis bahan pokok yang dijual juga dapat beraneka ragam, misalnya beras, minyak goreng, telur, gula, garam, susu, gula pasir, mentega, bumbu-bumbu, dan lain sebagainya. Jika memungkinkan, maka Anda juga bisa berjualan daging ayam atau daging sapi.

Selain menjual sembako, warung yang Anda buka sebaiknya juga menjual aneka snack, mie instant, minuman kemasan, bumbu-bumbu instan, dan lain sebagainya. Biasanya ibu-ibu yang membeli sembako juga membeli beberapa kebutuhan tersebut.

Anda juga bisa menerima request atau permintaan para pembeli tentang barang-barang yang akan dijual di toko.

Sembako yang akan dijual bisa dibeli dari pasar-pasar besar agar harga belinya jauh lebih murah. Nantinya, Anda bisa mendapat keuntungan dalam jumlah tertentu dengan menaikkan harga jual sewajarnya.

Jangan lupa perhatikan tata letak barang-barang atau sembako yang dijual. Selain itu, penting juga untuk menjaga kebersihan warung sembako agar sembako yang dijual tahan lama, bersih, dan tetap berkualitas.

Sebaiknya pelajari juga cara pembukuan yang baik, sehingga Anda bisa mempertimbangkan modal dan pendapatan yang diperoleh. Pembukuan yang baik juga akan membantu Anda ketika harus membeli sembako lagi untuk restock.

16. Membuka Salon atau SPA

Apa saja bisnis ibu rumah tangga? Salah satu jenis bisnis atau usaha yang dapat dilakukan ibu rumah tangga adalah membuka salon atau SPA. Bisnis ini bisa dilakukan di rumah atau tempat khusus seperti menyewa ruko.

Anda bisa mempelajari teknik-teknik untuk salon atau SPA dengan mengikuti pelatihan terlebih dahulu.

Pelatihan atau kursus seperti ini biasanya dilakukan dalam waktu tertentu sesuai jenis keahlian yang ingin dilatih. Misalnya, potong rambut, creambath, SPA, make-up, dan lain sebagainya.

Anda dapat mencari tempat-tempat pelatihan melalui internet atau bertanya kepada kenalan.

Biaya paket pelatihan salon kecantikan juga berbeda-beda tergantung tempat pelatihan. Setelah mendapat pelatihan, maka peserta akan mendapatkan sertifikat.

Selain mempelajari teknik-teknik yang akan digunakan di salon, Anda juga perlu mempersiapkan berbagai peralatan yang akan digunakan.

Bisnis ibu rumah tangga yang satu ini memang memerlukan modal cukup besar untuk membeli peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan.

Selain itu, pelajari juga berbagai bahan atau produk kecantikan yang akan digunakan di salon. Pastikan semua produk kecantikan yang digunakan sudah memiliki izin BPOM dan pastinya memiliki kualitas yang bagus.

Ketika membuka usaha salon kecantikan, Anda juga bisa sekaligus menjual aneka produk kecantikan di salon. Tawarkan produk-produk kecantikan tersebut kepada para client yang menggunakan jasa Anda di salon.

Selain keuntungan dari jasa salon atau SPA, Anda juga bisa mendapat penghasilan tambahan dengan berjualan produk-produk kecantikan.

17. Menjual Berbagai Produk Digital

Di era serba digital seperti sekarang ini, banyak juga usaha yang mulai berkembang dengan memanfaatkan berbagai teknologi.

Salah satu usaha di bidang digital yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah menjual aneka produk digital.

Cara bisnis ibu rumah tangga yang satu ini cukup sederhana, tetapi sangat menguntungkan. Anda tidak perlu repot-repot membungkus pesanan dan mengirimkannya. Hal ini karena produk digital bentuknya digital atau virtual bukan barang dengan bentuk fisik.

Apa saja jenis produk-produk digital yang dapat dijual? Anda bisa berjualan berbagai e-book, aplikasi, audio, video, dan lain sebagainya. Topik produk digital yang dijual juga dapat disesuaikan dengan keinginan atau target pasar.

Sebagai contoh, target pasar Anda adalah ibu-ibu muda, maka produk digital yang dapat dijual dapat berupa produk digital dengan topik perkembangan anak.

Misalnya, e-book MPASi, e-book perkembangan anak, video tutorial menggendong, dan lain sebagainya.

Produk-produk digital yang akan dijual bisa diperoleh dengan cara bergabung di komunitas tertentu yang memang menyediakan berbagai produk digital untuk dijual.

Beberapa pihak juga membuka peluang bagi masyarakat umum untuk menjadi reseller produk digital mereka.

Anda bisa menjual aneka produk digital melalui media sosial, website, dan berbagai jenis media lainnya. Jangan lupa untuk rutin melakukan promosi agar produk digital cepat terjual dan menghasilkan banyak keuntungan.

18. Membuka Kursus atau Pelatihan Online

Usaha ibu rumah tangga modal kecil lainnya yang dapat dilakukan adalah membuka kursus atau pelatihan online.

Usaha yang satu ini juga merupakan salah satu bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi yang cukup menjanjikan dan memiliki banyak peminat.

Apa saja jenis kursus atau pelatihan yang dapat dilakukan? Anda bisa membuka berbagai jenis pelatihan online. Misalnya, pelatihan memasak, membuat kerajinan tangan, desain grafis, public speaking, tips promosi, tips mengelola media sosial, dan lain sebagainya.

Jenis pelatihan yang dipilih sebaiknya berdasarkan background keahlian yang Anda miliki. Hal ini agar ilmu yang dimiliki bisa dibagikan kepada orang lain.

Selain itu, penguasaan materi pada keahlian yang dimiliki juga pastinya lebih dalam, sehingga akan membantu ketika pelatihan berlangsung.

Berbagai media digital kini juga bisa dimanfaatkan untuk menjalankan usaha kursus atau pelatihan online.

Anda bisa menggunakan Facebook Group, YouTube, Google Hangout, Skype, Google Meet, Zoom, dan berbagai media digital lainnya.

Materi yang akan disampaikan dapat dibuat sendiri. Anda bisa membuatnya dengan bantuan Microsoft Power Point atau aplikasi lainnya yang lebih modern untuk membuat PPT. Materi pelatihan juga bisa dibuat dalam bentuk e-book.

Pastikan untuk membuat materi pelatihan menarik dengan menambahkan desain tertentu. Anda juga bisa menambahkan berbagai foto dan video di dalam materi pelatihan yang dibuat.

19. Menjual Buku Belajar Anak

Salah satu contoh produk jualan online untuk ibu rumah tangga adalah buku-buku belajar anak. Bisnis ini cukup diminati oleh ibu-ibu karena pada umumnya memiliki target pasar sesama ibu-ibu, sehingga lebih mudah dalam promosi.

Anda bisa bekerja sama dengan menjadi reseller atau dropshipper percetakan buku anak-anak. Harga beli yang diperoleh bisa lebih murah, kemudian harga jualnya bisa lebih tinggi untuk mendapat laba penjualan.

Buku belajar anak-anak sangat beragam jenisnya. Anda bisa menjualnya berdasarkan pengelompokan usia anak agar buku tersebut sesuai dengan perkembangan anak-anak.

Beberapa jenis buku belajar yang dapat dijual, misalnya buku bacaan, buku dongeng, buku aktivitas menggambar, mewarnai, menggunting, dan berbagai jenis buku aktivitas lainnya.

Selain menjual berbagai jenis buku, Anda juga bisa mengkombinasikan bisnis ini dengan menjual berbagai permainan anak.

20. Menjadi Blogger Website

Bisnis online ibu-ibu yang dapat dilakukan selanjutnya adalah menjadi blogger website. Bisnis online ibu rumah tangga yang satu ini hanya membutuhkan modal berupa laptop.

Blogger website termasuk usaha freelance yang dapat dilakukan di mana saja termasuk di rumah.

Selain dapat dilakukan di mana saja, waktu untuk menekuni bisnis ini juga lebih fleksibel karena dapat dilakukan di pagi, siang, sore, maupun malam hari.

Bisnis seperti ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang disibukkan juga dengan berbagai kegiatan rumah tangga di rumah.

Ketika ingin menjadi blogger suatu website, Anda bisa memulainya dengan membangun website sendiri dengan tema sesuai dengan kesukaan atau keahlian. Cara membuat website bisa dipelajari secara otodidak melalui internet.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan jasa pembuatan website untuk membantu membuat website dengan lebih praktis. Namun, penggunaan jasa seperti ini tentunya membutuhkan biaya yang lebih besar.

Nantinya, bisnis ibu rumah tangga sebagai blogger dapat dijalankan sendiri. Anda hanya perlu membuat berbagai konten berupa artikel menarik dan mengunggahnya di website.

Pastikan artikel yang dibuat juga mengikuti SEO, sehingga lebih cepat terdeteksi oleh mesin pencari.

Jangan lupa untuk mendaftar Google AdSense agar mendapat penghasilan tambahan dari program penayangan iklan Google di website Anda.

Cara kerjanya yaitu ketika pengunjung website klik di iklan tersebut, maka pemilik website akan mendapatkan komisi atau pendapatan.

Selain mempelajari SEO, Anda juga harus membuat konten artikel secara konsisten agar website terus aktif dan mendapat banyak kunjungan.

Cara Merintis Bisnis Ibu Rumah Tangga 2022

Cara Merintis Bisnis Ibu Rumah Tangga 2022

Setelah mengetahui jenis-jenis bisnis atau usaha yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga, maka pertanyaan selanjutnya yang akan muncul tentang cara memulai usaha tersebut.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha, maka perhatikan beberapa cara di bawah ini ya!

1. Pilih Jenis dan Identitas Usaha yang Akan Dijalani

Bisnis ibu rumah tangga dapat dimulai dengan memilih jenis bisnis yang akan dijalani. Pastikan Anda menjalani bisnis yang sesuai dengan minat serta keterampilan yang dimiliki.

Pilih jenis bisnis yang sesuai dengan modal. Jika modal terbatas, maka buka usaha dalam skala kecil dulu.

Setelah menentukan jenis usaha yang akan dijalani, maka tentukan juga identitas dari usaha tertentu.

Identitas yang dimaksud berupa nama usaha, logo, alamat, slogan, dan lain sebagainya. Jangan lupa persiapkan juga berbagai media digital atau media sosial.

Anda bisa menggunakan nama usaha yang singkat, jelas, padat, dan mudah diingat oleh orang lain. Ingat identitas usaha juga menjadi salah satu bagian penting dalam menjalankan usaha.

2. Menentukan Target Pasar

Cara yang kedua dengan menentukan target pasar. Cara ini juga bisa menjadi bagian dalam menentukan jenis-jenis produk atau jasa yang akan dijual. Anda bisa menentukan target pasar dengan melakukan survey melalui formulir atau media lainnya.

Target pasar yang dimaksud adalah target calon customer untuk produk atau jasa yang akan dijual.

Misalnya, Anda akan membuka usaha katering makanan, maka target pasarnya dapat berupa para pekerja kantoran atau perusahaan, anak-anak sekolah, dan lain sebagainya.

3. Mempersiapkan Modal, Bahan, dan Peralatan

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam cara memulai bisnis online adalah mempersiapkan modal, bahan, dan peralatan yang dibutuhkan.

Tahapan ini membutuhkan perencanaan anggaran dan pembuatan list kebutuhan akan bahan dan peralatan.

Modal yang dibutuhkan di awal memulai usaha mungkin memang terlihat lebih besar, tetapi modal ini dapat dijadikan sebagai investasi untuk menjalankan usaha secara berkelanjutan.

Jenis bahan dan peralatan serta modal yang perlu dipersiapkan juga beragam tergantung jenis usaha yang akan dijalani.

Anda bisa mencari referensi melalui internet atau kenalan yang sudah membuka jenis usaha tersebut.

4. Mempersiapkan Alur Bisnis

Cara atau tips memulai bisnis untuk ibu rumah tangga selanjutnya adalah mempersiapkan alur bisnis agar dapat berjalan dengan lancar.

Alur bisnis yang dimaksud mulai dari memilih supplier bahan baku, proses membuat produk yang akan dijual, hingga ke tahap penjualan dan pembukuan atau administrasi penjualan.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan cara atau sistem penjualan, seperti reseller atau dropshipper. Selain itu, perhatikan juga metode pembayaran yang diterima, seperti tunai, transfer, atau memanfaatkan e-wallet.

5. Mempersiapkan Media Promosi

Bisnis ibu rumah tangga akan berjalan dengan maksimal ketika melalui proses promosi yang baik. Anda harus mempersiapkan juga berbagai media promosi atau marketing kit yang diperlukan.

Misalnya, foto produk, video produk, pamflet atau brosur, dan berbagai media promosi lainnya.

Media promosi harus dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian banyak calon customer. Buat juga teks yang menarik untuk promosi dengan teknik copywriting.

Selain mempersiapkan media promosi, pastikan juga untuk mulai membuat rencana atau strategi promosi yang akan dijalani.

Anda bisa memanfaatkan berbagai media digital untuk melakukan promosi terhadap usaha yang dijalani.

Misalnya, Instagram, website, WhatsApp, TikTok, Twitter, YouTube, aneka marketplace, online shop, dan lain sebagainya.

6. Mulai Menjalankan Usaha

Tahapan terakhir yang harus dilakukan adalah mulai menjalankan usaha tersebut. Jalankan usaha sesuai dengan rencana yang sudah dibuat, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pembaharuan atau inovasi selama menjalankan usaha.

Jangan lupa untuk tetap konsisten dalam membangun usaha agar usaha terus berkembang. Pastikan juga untuk memberikan layanan terbaik bagi setiap customer.

Jangan lupa lakukan pembukuan atau administrasi usaha secara terperinci agar tidak ada masalah kedepannya.

Tips Menjalankan Usaha Ibu Rumah Tangga Sukses

Tips Menjalankan Usaha Ibu Rumah Tangga Sukses

Ketika menjalankan suatu usaha, ada baiknya untuk tetap mencari informasi dan pengetahuan tentang cara atau tips untuk mengembangkan usaha yang dijalani.

Berikut ini beberapa tips menjalankan usaha agar sukses, yaitu:

1. Selalu Memberikan Layanan Terbaik

Tips pertama yang harus selalu dilakukan untuk berbagai jenis usaha apa pun adalah memastikan bahwa Anda selalu memberikan layanan terbaik untuk customer.

Layanan terbaik ini dapat berupa sapaan yang ramah, sopan, cepat tanggap, dan solutif dalam menjawab pertanyaan konsumen.

Ketika Anda menjalankan bisnis yang perlu pengiriman barang, maka pastikan juga layanan pengiriman barang dilakukan dengan baik.

Artinya, pengiriman barang dilakukan dengan packing yang rapi dan aman. Selain itu, pengiriman produk tersebut harus dilakukan tepat waktu dan tidak lama.

Setiap orang mungkin bisa menjalankan usaha yang sama, tetapi hal yang paling membedakan adalah jenis layanan yang diberikan.

Ketika usaha Anda memberikan layanan yang berkualitas, maka besar kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan setia dengan produk atau jasa usaha tersebut.

2. Lakukan Inovasi dalam Pengembangan Bisnis

Bisnis ibu rumah tangga juga harus dikembangkan dan tidak boleh hanya berjalan di tempat. Cara mengembangkan bisnis atau usaha adalah dengan melakukan berbagai inovasi. Inovasi yang dimaksud dapat berupa inovasi produk atau jasa dan inovasi dalam sistem penjualan.

Inovasi produk atau jasa yang dijual bisa dilakukan dengan menambah variasi produk atau jasa.

Variasi produk atau jasa baru dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan customer.

Sementara itu, inovasi sistem penjualan dapat dilakukan dengan mengadakan program-program tertentu.

Anda bisa membuka kesempatan bagi  ibu-ibu rumah tangga lainnya untuk bergabung menjual produk dengan sistem reseller maupun dropshipper.

Anda juga bisa mencoba mendaftarkan usaha untuk mengikuti program affiliate. Tentu saja perlu modal atau pembagian komisi bagi reseller, dropshipper, maupun affiliate marketer.

Namun, modal tersebut akan sebanding dengan penjualan dan laba usaha yang akan meningkat.

3. Adakan Event Promosi

Tips lainnya yang perlu dilakukan adalah melakukan berbagai kegiatan atau event promosi.

Berbagai program promosi juga dapat dilakukan untuk membuat usaha semakin berkembang, dikenal, dan mendapat lebih banyak konsumen.

Program promosi yang dilakukan bisa sangat beragam dan disesuaikan dengan usaha. Salah satu program promosi yang sering dilakukan adalah pemberian diskon atau potongan harga, buy 1 get 1, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa melakukan berbagai program promosi kreatif lainnya. Misalnya, pengumpulan poin oleh customer yang sering melakukan pembelian dan nantinya poin tersebut dapat ditukarkan dengan hadiah tertentu.

Apa pun jenis program promosi yang Anda buat, pastikan untuk menyebarluaskan program tersebut sebaik mungkin melalui berbagai media digital. Tujuannya agar banyak orang yang mengikuti program promosi.

Penutup

Bisnis ibu rumah tangga memiliki banyak keuntungan secara finansial sebagai penghasilan tambahan maupun berbagai manfaat lainnya.

Banyak pilihan bisnis yang dapat dijalankan oleh seorang ibu rumah tangga seusai dengan modal dan keterampilan yang dimiliki.

Di antara semua bisnis ibu rumah tangga yang dapat dijalankan, maka bisnis yang akan Anda jalani?

Apa pun pilihan bisnis yang akan dijalani, pastikan untuk terus mencari informasi dan belajar menambah ilmu agar bisnis tersebut semakin sukses dan berkembang!

Gambar Gravatar
Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.