10 Tips Usaha UMKM Tetap Eksis di Tengah Persaingan Ketat

7+ Tips Usaha UMKM Tetap Eksis di Tengah Persaingan Bisnis yang Ketat

Apakah Anda seorang pemilik bisnis UMKM yang sedang menghadapi berbagai tantangan dan persaingan? Jangan khawatir karena beberapa tips usaha UMKM tetap eksis dalam jangka panjang bisa digunakan untuk membuat bisnis bertahan.

Selain itu, cara ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan profit dan keuntungan bisnis.

Memangnya, apa saja tipsnya?

Jika penasaran, maka langsung saja simak artikel tentang cara mempertahankan UMKM agar tetap eksis di bawah ini!

Baca Juga : Apa Itu UMKM?

Tips Usaha UMKM Tetap Eksis

Berbisnis bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan terlebih bagi pemilik UMKM pemula. Hal tersebut karena setiap hari Anda harus bersaing dengan pebisnis lainnya.

Berikut ini cara dan tips agar UMKM dapat tetap eksis dan bertahan, yaitu:

1. Pahami Target Pasar

Pahami Target Pasar

Dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, pemilik UMKM harus memiliki pemahaman jelas terkait target pasar yang dituju.

Cara ini termasuk tips bisnis UMKM untuk menentukan strategi pemasaran dan mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika memahami target pasar adalah usia, jenis kelamin, pendapatan, dan minat serta kebutuhan pelanggan.

2. Mempertahankan Kualitas Produk atau Jasa

Mempertahankan Kualitas Produk atau Jasa

Kualitas produk atau jasa yang baik akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat citra bisnis UMKM di mata konsumen.

Oleh karena itu, pemilik bisnis UMKM harus selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.

Beberapa tips usaha UMKM tetap eksis adalah mengikuti tren dan teknologi terbaru, melakukan riset dan pengembangan produk secara terus-menerus, memperbaiki kualitas bahan baku, serta melibatkan karyawan dalam proses pengembangan produk.

Selain itu, penting juga untuk melakukan evaluasi secara berkala terhadap kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga dapat dilakukan perbaikan atau penyesuaian.

3. Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Pelanggan adalah aset berharga bagi bisnis UMKM sehingga penting untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan memperlakukan mereka dengan baik.

Beberapa tips untuk mengembangkan UMKM yang dapat dilakukan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah memberikan pelayanan ramah, cepat, dan responsif terhadap keluhan atau masukan.

Selain itu, berikan juga nilai tambah, seperti diskon atau hadiah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Selalu berkomunikasi secara teratur dan memberikan informasi yang jelas mengenai produk atau layanan juga dapat membantu mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan.

Terakhir, jangan lupa untuk mengapresiasi mereka dengan cara memberikan ucapan terima kasih atau penghargaan tertentu sebagai bentuk rasa terima kasih atas dukungan dan kepercayaan mereka pada bisnis UMKM Anda.

4. Berinovasi

Berinovasi

Inovasi dapat membantu bisnis UMKM untuk mengembangkan produk atau layanan yang lebih unik, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Anda dapat melakukan beberapa tips usaha UMKM tetap eksis, seperti riset pasar untuk mengetahui tren terbaru, mengembangkan ide baru, memperbarui desain produk atau kemasan, serta memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi atau kualitas produksi.

Selain itu, jangan lupa untuk setia mendengarkan masukan atau umpan balik dari pelanggan untuk memperbaiki atau mengembangkan produk atau layanan yang lebih baik.

5. Gunakan Media Sosial

Gunakan Media Sosial

Media sosial adalah salah satu sarana yang efektif untuk memasarkan produk atau jasa dari bisnis UMKM karena dapat menjangkau konsumen lebih luas.

Cara agar UMKM dapat bertahan lama dapat dilakukan dengan membuat akun bisnis profesional, mengunggah foto atau video yang menarik perhatian, serta memberikan informasi yang jelas mengenai produk atau jasa.

Selain itu, pemilik bisnis UMKM juga dapat memaksimalkan fitur-fitur yang disediakan oleh media sosial, seperti iklan berbayar untuk meningkatkan keterlibatan dan interaksi pelanggan dengan akun bisnis.

6. Kelola Keuangan

Kelola Keuangan

Pemilik bisnis UMKM perlu memiliki pemahaman yang baik tentang kondisi keuangan bisnis, termasuk pemasukan, pengeluaran, arus kas, dan laba rugi.

Hal ini akan memudahkan Anda dalam membuat perencanaan keuangan yang lebih baik, mengelola pengeluaran bisnis dengan efisien, serta mengambil keputusan bisnis.

Tips usaha UMKM tetap eksis lainnya adalah menetapkan anggaran yang realistis, melakukan pencatatan keuangan secara teratur dan akurat, memonitor arus kas, serta memperhatikan faktur dan pajak.

7. Belajar dari Kompetitor

Belajar dari Kompetitor

Tips lainnya dalam cara agar UMKM berkembang adalah belajar dari kompetitor.

Misalnya, melakukan analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, threats) dan mempelajari strategi pemasaran dan branding yang digunakan oleh pesaing.

Selain itu, ikuti juga perkembangan produk atau layanan yang ditawarkan mereka dan lakukan riset pasar untuk mengetahui tren terbaru di pasar.

Cara ini akan membantu pemilik UMKM untuk mengembangkan strategi bisnis yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan pasar, meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan, serta menemukan cara baru untuk memenangkan persaingan bisnis.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat memanfaatkan keunggulan bisnis pesaing untuk mengembangkan produk atau layanan yang lebih unggul.

Namun, perlu diingat bahwa belajar dari kompetitor bukan berarti menjiplak atau meniru bisnis pesaing secara langsung.

8. Bangun Jaringan dan Kemitraan

Bangun Jaringan dan Kemitraan

Membangun jaringan dan kemitraan bisnis memungkinkan pemilik UMKM dapat memperluas jangkauan pasar, memperoleh sumber daya yang lebih luas, serta meningkatkan peluang untuk mengembangkan bisnis.

Tips usaha UMKM tetap eksis yang perlu dilakukan. Anda bisa bergabung dengan asosiasi atau komunitas bisnis, mengikuti acara dan seminar, menggunakan medsos untuk memperluas jangkauan bisnis, serta membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan mitra bisnis potensial.

Cara ini akan membantu bisnis UMKM memperoleh manfaat. Seperti peningkatan reputasi bisnis, peningkatan penjualan, serta peluang untuk mengembangkan bisnis secara lebih efektif dan efisien.

9. Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Lakukan Evaluasi Secara Berkala

Melakukan evaluasi berarti Anda dapat mengetahui sejauh mana bisnis berkembang, mengevaluasi keberhasilan strategi bisnis yang telah dilakukan, serta menemukan peluang bisnis baru yang dapat dimanfaatkan.

Cara UMKM bertahan lama dalam evaluasi bisnis adalah mengevaluasi kinerja keuangan, mengevaluasi kepuasan pelanggan, mengevaluasi kualitas produk atau layanan yang ditawarkan, serta mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran dan branding yang telah dilakukan.

Tetapkan juga parameter yang jelas dan objektif, serta melakukan perbandingan dengan bisnis pesaing atau bisnis sejenis lainnya.

Evaluasi juga perlu dilakukan secara berkala, misalnya setiap enam bulan atau setahun sekali, agar pemilik bisnis dapat mengetahui perkembangan bisnisnya dari waktu ke waktu.

10. Konsisten

Konsisten

Anda perlu konsisten dalam menjalankan strategi bisnis yang telah ditetapkan, menjaga kualitas produk atau layanan yang ditawarkan, serta memperhatikan kepuasan pelanggan.

Selain itu, penting juga untuk menjaga konsistensi dalam menjalankan bisnis sehari-hari.

Misalnya, memperhatikan waktu dan jadwal, menjaga hubungan yang baik dengan mitra bisnis dan pelanggan, serta memperhatikan kinerja keuangan secara teratur.

Menjaga konsistensi ini memungkinkan bisnis UMKM dapat membangun reputasi baik dan loyalitas pelanggan yang kuat.

Selain itu juga untuk memperoleh kepercayaan dari mitra bisnis dan pemangku kepentingan lainnya.

Tips usaha UMKM tetap eksis sebaiknya dilakukan oleh setiap pemilik bisnis agar mampu bertahan. Pastikan untuk menjalankan berbagai cara atau tips tersebut secara konsisten agar hasilnya dapat segera terlihat dan bertahan lama.

UMKM yang sukses dan tetap eksis dapat memberikan keuntungan finansial maupun keuntungan lainnya bagi pemilik usaha dan karyawan lainnya.

Baca Juga : Rekomendasi Peluang Usaha yang Menjanjikan

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar