10 Tren Bisnis UMKM Saat Ini yang Menjanjikan!

10 Tren Bisnis UMKM Saat Ini yang Menjanjikan!

Tren bisnis UMKM yang selalu berubah membuat para pelaku usaha harus selalu update mengenai hal ini. Pada dasarnya, istilah tren bisnis di sini dapat diartikan sebagai pengembangan dan kemajuan bisnis di tahun sebelumnya.

Maka dari itu, di setiap tahun akan ada banyak ide bisnis yang bermunculan dan dapat berdampak pada tren itu sendiri.

Tidak hanya bisnis makanan dan minuman saja, tapi saat ini semakin ada banyak ide bisnis yang dikatakan cukup menjanjikan.

Untuk mengetahui apa saja tren bisnis UMKM yang sedang berlaku saat ini, simak pembahasannya di bawah ini!

Tren Bisnis UMKM yang Patut Dicoba

Peluang usaha UMKM tahun ini hingga tahun depan masih terbuka lebar dan dipercaya akan selalu berkembang di setiap waktunya.

Hal ini terjadi karena UMKM merupakan aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha milik perorangan. Umumnya, UMKM memiliki jumlah kekayaan bersih dan hasil penjualan tahunan yang lebih rendah.

Tren bisnis UMKM yang selalu berkembang membuat para pelaku usaha harus selalu update tentang hal ini.

Untuk itu, di sini kami akan membagikan beberapa tren bisnis yang sedang berlangsung saat ini, yaitu:

1. Bisnis Makanan dan Minuman

Sejak dulu hingga sekarang bisnis makanan dan minuman masih menjadi primadona di dunia bisnis.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat makanan dan minuman itu sendiri merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang.

Beberapa produk makanan dan minuman yang paling populer saat ini adalah kopi, makanan ringan, dan makanan siap saji.

Jika Anda mampu memanfaatkan peluang usaha makanan dan minuman ini dengan baik, maka keuntungan yang lebih besar bisa didapatkan dengan mudah.

Namun, jika Anda tidak bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik, maka peluang usaha yang seharusnya besar ini tidak bisa memberikan kesuksesan yang sesuai harapan.

2. Bisnis Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Bisnis kecantikan dan perawatan tubuh masih menjadi tren bisnis UMKM yang patut dicoba.

Pasalnya, orang-orang semakin sadar akan pentingnya kecantikan dan perawatan tubuh yang harus dijaga sejak sedini mungkin. Namun, untuk memulai bisnis yang satu ini dibutuhkan modal yang tidak sedikit.

Meski begitu, hal ini tidak membuat orang-orang enggan untuk memulai bisnis yang satu ini. Justru, jumlah bisnis kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia semakin meningkat, karena peluang usahanya yang sangat menjanjikan.

3. Bisnis Peralatan Lukis

Ada banyak orang yang tidak menyangka bahwa bisnis peralatan lukis juga memiliki peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Alasan mengapa peluang usaha ini cenderung tinggi adalah karena semakin ada banyak orang yang gemar melukis. Biasanya, aktivitas ini dilakukan untuk mengisi waktu luang agar tidak membosankan.

Manfaatkan peluang bisnis peralatan lukis ini dengan menjual alat gambar ataupun lukis yang berkualitas.

Berikan kualitas produk yang bagus kepada para pelanggan, maka reputasi bisnis Anda bisa semakin baik di kalangan banyak orang.

4. Bisnis Produk Olahraga

Saat ini ada banyak produk olahraga yang dibutuhkan oleh sebagian besar orang, sehingga tak heran jika salah satu tren bisnis UMKM di tahun ini adalah bisnis produk olahraga.

Mulai dari matras yoga, bola futsal, bola basket, hingga berbagai jenis produk olahraga seperti ini lainnya bisa Anda jual dengan harga yang terjangkau.

Sebab, beberapa jenis olahraga yang semakin populer di Indonesia adalah yoga, sepak bola, basket, dan home gym.

Dengan semakin banyaknya orang yang gemar berolahraga, maka hal ini dapat membuat peluang usaha penjualan produk olahraga semakin besar.

5. Bisnis Alat-Alat Kerajinan Tangan

Tidak hanya olahraga dan melukis saja yang menjadi hobi baru bagi sebagian orang, tapi membuat kerajinan tangan juga menjadi hobi baru saat ini.

Maka dari itu, Anda bisa mencoba bisnis alat-alat kerajinan tangan ini dengan menjual alat sulam, anyaman, dan lain sebagainya.

Tak perlu ragu untuk memulai bisnis ini, karena bisnis alat kerajinan tangan seperti ini masih menjadi tren bisnis UMKM yang patut dicoba.

6. Bisnis Ruang Baca dan Kerja

Sejak budaya Work from Anywhere (WFA) semakin marak bermunculan, peluang usaha ruang baca dan kerja seperti ini akan semakin meningkat.

Namun, untuk bisa memulai bisnis yang satu ini Anda membutuhkan modal yang cukup besar. Sebab, Anda harus menyewa tempat atau membangun gedung sendiri yang bisa dijadikan sebagai tempat kerja banyak orang.

Pastikan ruang baca dan kerja tersebut memiliki kenyamanan yang maksimal, agar para karyawan yang menyewa tempat itu bisa lebih betah berada di dalamnya.

Selain itu, pastikan juga ruang baca dan kerja ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, agar orang-orang yang menyewanya bisa bekerja secara lebih mudah.

7. Bisnis Otomotif

Tren bisnis UMKM di bidang otomotif saat ini semakin bervariasi semenjak motor listrik dan mobil listrik semakin sering digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Jika persaingan bisnis otomotif biasa sudah terlalu tinggi, Anda bisa mencoba bisnis otomotif kendaraan listrik yang jumlahnya masih sedikit.

Sampai saat ini terhitung rata-rata pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor mencapai 5,3% per tahun. Tentu ini bukan kesempatan yang patut diabaikan.

Maka dari itu, mulailah merencanakan untuk memulai bisnis penjualan suku cadang kendaraan, bengkel otomotif, jasa cuci kendaraan, atau jasa rental mobil dan motor.

8. Bisnis Tour & Travel

Di daerah pariwisata, bisnis tour & travel lebih menjanjikan dibanding beberapa jenis usaha lainnya, kecuali bisnis kuliner.

Hal ini terjadi karena ada banyak wisatawan yang membutuhkan tour guide untuk mengajaknya ke lokasi-lokasi wisata yang menarik. Namun, untuk menarik perhatian lebih banyak pelanggan, Anda harus menyiapkan fasilitas yang lengkap.

Selain menjadi tour guide bagi para wisatawan, Anda juga bisa memulai bisnis ini dengan menyediakan layanan akomodasi seperti guest house, vila, dan lain sebagainya.

Peluang usaha tour & travel ini akan semakin menjanjikan jika dibangun di dekat objek-objek wisata.

9. Bisnis Teknologi Internet

Era digital yang berkembang semakin pesat seperti sekarang ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Saat ini sudah ada banyak bisnis teknologi internet yang patut dicoba, seperti bisnis online, kursus online, jual pulsa dan kuota internet, serta beberapa jenis usaha seperti ini lainnya.

10. Bisnis Kebutuhan Anak

Anak adalah prioritas utama bagi sebagian besar orang tua. Maka dari itu, sebagian dari mereka biasanya akan membeli produk anak-anak yang paling berkualitas.

Manfaatkan kesempatan tersebut dengan memulai bisnis kebutuhan anak yang terjamin berkualitas dan harganya cukup terjangkau.

Kenali kelebihan dari masing-masing tren bisnis UMKM ini dengan jelas, agar Anda tidak salah memilih.

Selain itu, untuk hasil yang terbaik Anda juga perlu memilih bisnis UMKM yang paling sesuai dengan minat Anda. Sebab, usaha yang sesuai minat dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Baca Juga : 6 Tips Memulai Usaha UMKM Pagi Pemula Agar Sukses

Bagikan:

Rita Elfianis

Menyukai hal yang berkaitan dengan bisnis dan strategi marketing. Semoga artikel yang disajikan bermanfaat ya...

Tinggalkan komentar