20 CMS Website Terbaik yang Mudah Dioperasikan

CMS Terbaik

Tentunya Anda yang sudah biasa berkecimpung di dunia website dan internet tidak asing lagi dengan CMS website terbaik yang berkembang saat ini.

Semua orang dapat membuat berbagai jenis website, blog, atau halaman apapun di internet dengan berbagai tujuan.

Hal ini tentu membuat dunia maya semakin berkembang dengan pesat karena semua pekerjaan baik itu promosi, marketing, penjualan, penyebaran informasi, bahkan juga dilakukan melalui berbagai platform ini.

Banyak sekali tersedia platform yang bisa Anda gunakan.

Untuk dapat menjalankan website, maka biasanya tiap administrator menggunakan CMS.

Aplikasi manajemen konten ini tersedia dalam berbagai platform. Mulai dari yang gratis sampai dengan berbayar. Fitur yang digunakannya juga beragam tergantung kebutuhan dari pengguna.

Pengertian CMS Website Terbaik

Pengertian CMS Website Terbaik

Content Management System (CMS) adalah sistem manajemen dari sebuah konten yang dapat Anda gunakan untuk bisa membuat website atau halaman utama sebuah web.

Para pengguna Blogger atau WordPress pasti tidak asing lagi dengan hal ini.

CMS juga dapat digunakan untuk membuat berbagai konten. Tidak hanya sebatas blog. Beberapa website perusahaan, promosi produk, juga menggunakan CMS sebagai administratornya.

Hanya saja menggunakan sistem yang lebih rumit atau disediakan dalam provider CMS yang berbeda.

CMS yang sudah banyak beredar di masyarakat, membuat Anda tidak perlu lagi memikirkan berbagai koding rumit dalam menempatkan konten. Untuk itulah hal ini menjadi sangat praktis dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan.

Perkembangan CMS Website di Internet

Perkembangan CMS Website di Internet

Sesuai dengan data statistic bahwa sampai dengan saat ini telah adala sekitar 1,5 milyar jaringan website yang ada di internet. Meskipun, kurang dari 200 juta yang aktif menggunakan internet dan memproduksi konten setiap harinya.

Hal ini tentu disebabkan karena banyaknya bisnis yang berkembang semakin pesat.

Selain itu saat ini bahkan hanya dengan blog atau website semua orang bisa menjangkau dan meraup keuntungan dari hal ini. Kebutuhan akan informasi juga semakin meningkat.

Lebih dari 30% website yang ada di dunia maya menggunakan CMS sebagai adminnya.

Ada beberapa perusahaan besar yang memang mampu untuk membayar developer website dan manajemen konten yang baik mungkin menggunakan platform berbeda.

Sampai saat ini WordPress masih menjadi CMS website gratis terbaik yang digunakan oleh sebagian besar orang di dunia.

Selain itu ada beberapa platform CMS lainnya seperti Joomla, Drupal, Shopify, Blogger, dan masih banyak yang lainnya.

Kriteria CMS Website Terbaik

Kriteria CMS Website Terbaik

Untuk dapat mengoperasikan website dengan baik, tentunya harus memiliki CMS terbaik yang Anda pilih untuk dipergunakan. Berbagai kriteria tersebut adalah:

  • Adanya klasifikasi konten. Hal ini penting untuk membuat klasifikasi misalnya di dalam website media akan tersedia konten berita, sport, travel, kuliner, gaya hidup, dan lain sebagainya.
  • Fungsional dalam mengedit halaman teks. Anda harus mendapatkan akses mudah jika ingin mengedit konten, menambah gambar, video, dan lain sebagainya.
  • Mudah dalam mempublish konten baru. Fitur publish konten harus tersedia kapanpun dan dimanapun tanpa ada batasan sehingga Anda bisa memasukkan berbagai konten yang mendukung website.
  • Komunitas yang sangat solid. Adanya komunitas dapat membantu mempermudah dalam mempelajari fitur-fitur yang sulit diakses sehingga Anda bisa bertanya dengan sesama pengguna lain.

Daftar CMS Website Terbaik Sebagai Alternatif

CMS gratis membuat banyak orang menggunakan platform ini untuk melakukan promosi atau membuat berbagai jenis konten. Maka dari itulah CMS WordPress sangatlah populer dikalangan pengembang konten dan juga pengembang website.

Ada berbagai jenis CMS lainnya yang dapat Anda gunakan selain WordPress yang juga sangat menarik untuk dipelajari:

1. WordPress

WordPress

Pastinya banyak orang sudah mendengar tentang CMS website terbaik yang ada saat ini yaitu WordPress.

Hal ini dikarenakan CMS WordPress banyak memiliki keunggulan yaitu mampu dikombinasikan dengan tema dan plugin lain untuk mendapatkan kustomisasi yang Anda inginkan.

Selain itu, CMS ini memiliki berbagai fitur gratis tanpa berbayar. Manajemen kontennya sangat bagus karena memberikan kemudahan untuk akses ke powerfull editor untuk memformat konten.

Platform ini menawarkan berbagai registrasi user dan informasi update secara teratur.

Pengguna yang besar di seluruh dunia juga memungkinkan adanya komunitas besar yang solid dan sangat membantu apabila Anda menemui kesulitan dalam menggunakannya.

2. Joomla

Joomla

Anda mungkin mengenal beberapa situs populer seperti Holiday Inn Express, OpenVPN, U.K. National Crime Agency, dan masih banyak yang lainnya.

Website tersebut dikembangkan dengan menggunakan Joomla. Saat ini pengguna Joomla memang hanya 10% dari website WordPress yang aktif.

Akan tetapi, CMS ini memiliki berbagai keunggulan yang dilirik oleh penggunanya yaitu proses instalasi yang sederhana, tidak membutuhkan keahlian khusus dalam pengembangan frontend dan backend website.

Website ini bisa menjadi pilihan jika ingin membangun aplikasi online.

Baca Juga : Apa itu Joomla?

3. Wix.com

Wix

Wix adalah salah satu solusi CMS website terbaik karena memiliki sifat yang terintegrasi.

Jika di CMS lainnya Anda harus mencari web hosting, domain, dari platform lainnya, tidak dengan Wix. CMS ini memberikan kemudahan layanan pengembangan konten di dalam aplikasinya sendiri.

Saat ini hampir 4,5 juta website di seluruh dunia dioperasikan dengan Wix dan banyak digunakan baik untuk kalangan bisnis maupun personal.

Meski gratis, untuk dapat menjalankannya dengan fitur premium mengharuskan Anda membayar sejumlah tertentu.

4. Squarespace

Squarespace

CMS ini sangat menarik untuk dikembangkan bagi Anda yang memiliki usaha di bidang kreatif seperti kuliner, wedding organizer, jasa desain, dan yang lainnya.

Disini tersedia berbagai platform template mulai gambar, desain, font yang sudah disesuaikan.

Anda hanya tinggal memilih yang cocok dengan bisnis yang dijalankan dan juga mengganti kontennya sehingga lebih menarik. Anda juga bisa membuat berbagai portofolio, CV personal, dan memberikan link ke halaman ini.

5. Drupal

Drupal

CMS website ini sedikit agak berbeda dengan yang lainnya karena masih menggunakan sistem open source.

Ia menggunakan lisensi GPL dengan bahasa pemrograman yang unik yaitu PHP. Ada beberapa pilihan database berbeda seperti MySQL, SQLite, dan masih banyak yang lainnya.

Saat ini sudah ada ribuan pengembang dan juga komunitas yang membantu untuk pengembangan dan juga menggunakan Drupal ini.

Meski tidak sepopuler WordPress ataupun Joomla, pengguna Drupal juga terus meningkat sesuai dengan kebutuhan pengguna bahkan masuk top 3 CMS website terbaik.

6. Typo3

Typo3

Typo3 sangat cocok untuk mengembangkan website dalam level enterprise karena menggunakan berbagai fitur seperti multibahasa, mengelola berbagai situs dalam sekali instalasi, dan lain sebagainya.

Akan tetapi agaknya fitur typo3 tidak cocok digunakan oleh website builder pemula.

Fitur ini lebih cocok digunakan oleh pengguna yang sudah memiliki keahlian dan pengembangan di bidang website. Tujuan utamanya adalah untuk membangun skalabilitas sebagai poin utama pengembangannya.

7. Shopify

Shopify

Awalnya Shopify merupakan e-commerce asal Kanada yang berkembang mulai tahun 2013. Saat ini pengembangan CMSnya sangat baik meningkat dan mendapatkan tren positif.

CMS yang dikembangkan memberikan fitur tampilan, hosting, penjualan, fitur pengiriman barang yang sangat baik.

Untuk itulah bagi Anda yang ingin berjualan secara online sangat cocok menggunakan CMS website terbaik ini.

Akan tetapi, Shopify memiliki berbagai fitur yang berbayar sehingga Anda juga harus memperhatikan hal ini. Sebelumnya, pengguna akan mendapatkan trial gratis selama 14 hari untuk mempelajarinya.

8. Zimplit

Zimplit

CMS ini menggunakan basis open source yang banyak dikembangkan oleh berbagai kalangan. Mirip dengan Drupal,akan tetapi tidak sepopuler itu. Layanan web hosting murah ini juga banyak dipergunakan untuk berbagai tujuan.

Pemilik situs bahkan dapat mengedit konten tanpa harus melakukan akses terhadap admin area. Tentu hal ini sangat memudahkan pengguna.

Aplikasi ini menggunakan watermark pada saat posting sebuah konten. Untuk menghilangkannya maka Anda harus membayar sekitar 29-39 Euro tiap bulannya.

9. Blogger

Blogger

CMS milik Google ini banyak digunakan pada awal-awal kemunculannya. Akan tetapi, penggunanya lebih memilih menggunakan WordPress karena berbagai fitur dan keuntungannya.

Meski bukan CMS website terbaik, ada beberapa orang yang masih setia menggunakan Blogger.

Utamanya adalah para penulis blog yang sudah lama memiliki akun disini dan sudah banyak pembaca atau pengikutnya.

Sebenarnya fitur Blogger juga cukup mudah dioperasikan akan tetapi kalah saing dengan yang lainnya karena dianggap kurang menarik.

Baca Juga: Cara Menjadi Blogger Sukses Untuk Pemula Wajib Dicoba

10. OpenCart

OpenCart

Mirip dengan Shopify, CMS ini sangat cocok untuk Anda yang ingin membangun toko online. Fiturnya cukup lengkap apabila digunakan untuk layanan e-commerce seperti tolls penjualan, pembayaran, pengiriman, dan lain sebagainya.

Banyak kalangan personal maupun UMKM yang menggunakannya karena harganya sangat murah dan juga friendly user.

Penggunanya juga cukup banyak, meski tidak sepopuler CMS lainnya yang lebih mudah dioperasikan , lebih murah, dan lebih menarik.

11. Magento

Magento

Magento adalah salah satu CMS website terbaik yang banyak digunakan untuk membuat website penjualan produk di internet atau e-commerce.

Fiturnya sangat mudah untuk diadaptasi hanya dengan menggunakan drag and drop sehingga cocok untuk pemula.

Anda juga bisa menggunakan link ini untuk berjualan di Google Shopping dan Amazon karena sudah terintegrasi. Beberapa fitur lain seperti dipergunakan dalam beberapa bahasa juga tersedia dalam Magento.

12. Moodle

Moodle

Bagi pengembang website edukasi mungkin akan sangat cocok menggunakan Moodle untuk bisa membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik dengan berbasis website.

Di dalamnya tersedia fitur e-learning yang sangat lengkap dan bisa dipergunakan.

Ada berbagai jenis fitur seperti online test, forum diskusi online, simulasi tes, dan lain sebagainya.

Meski begitu, manajemen dan pembuatan konten di CMS ini cukup rumit sehingga Anda harus mempelajarinya terlebih dahulu apabila ingin menggunakannya.

Baca Juga : 10+ Cara Install Moodle di VPS dan Manfaatnya!

13. GetSimple

GetSimple

Untuk bisa menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Get Simple dan melakukan instalasi.

Selanjutnya Anda bisa menggunakan CMS website terbaik dari aplikasi tersebut. Motto dari GetSimple adalah has everything you need and nothing you don’t.

Maka dari itu Anda bisa menggunakan berbagai fitur yang diinginkan dan tidak perlu menginstal yang tidak dibutuhkan.

CMS ini juga merupakan tipe open source yang menggunakan database MySQL sangat cocok untuk website dengan skala kecil.

14. PrestaShop

PrestaShop

CMS ini juga cocok digunakan untuk membuat berbagai layanan e-commerce atau toko online yang menjual produk unggulan Anda.

Layanannya sangat aman dan juga menggunakan kredit berbayar untuk dapat mengakses dan menggunakan secara penuh.

Fiturnya sangat lengkap untuk berjualan online. Mulai dari deskripsi produk, harga, pembelian, sistem pembayaran, hingga pengiriman.

CMS ini cocok untuk e-commerce dalam skala kecil sehingga semua pengusaha dalam level kecil dan menengah dapat menggunakannya.

Baca Juga : Apa itu PrestaShop?

15. CushyCMS

CushyCMS

Anda dapat membeli aplikasi CMS sendiri hanya dengan membayar sekitar 28 dolar setiap bulannya. Tidak hanya dalam versi berbayar, aplikasi ini juga memiliki versi gratis tanpa perlu melakukan custom CMS.

Fiturnya juga sangat menarik menyediakan berbagai pengembangan konten hanya dalam beberapa menit saja.

Anda tidak perlu rumit untuk mengembangkan konten karena semua template sudah tersedia. CMS ini adalah terobosan baru untuk pengembangan konten yang menarik.

16. Chamilo

Chamilo

Selain Moodle, ada juga CMS website terbaik pengembang pembelajaran lainnya yaitu Chamilo. CMS ini juga sangat spesifik yang dapat memuat kelas kursus online dari konten yang sederhana hingga kompleks.

Anda bisa menambahkan elemen multimedia, teks, pertanyaan pilihan ganda, dan lain sebagainya.

Chamilo juga termasuk dalam CMS yang mudah digunakan meski tidak sesederhana WordPress atau CMS sederhana dan banyak penggemar lainnya.

Anda dapat mempertemukan antara guru dan juga murid di platform ini untuk bisa saling berinteraksi.

17. Serendipity

Serendipity

CMS ini masuk kategori aplikasi teringan yang pernah ada. Meski dikategorikan mudah dioperasikan, jangan salah kalau fitur dalam Serendipity menawarkan performa terbaik dan pengaturan bawaan yang sangat menarik.

Anda dapat melakukan instalasi tema dan plugin menarik sesuai dengan kebutuhan dengan pencarian tool yang sangat mudah.

Orientasi website ini adalah memberikan performa terbaik dan juga tersedia berbagai tema juga plugin yang siap Anda gunakan.

18. Impress Page

Impress Page

Mungkin masih banyak yang belum mendengar nama CMS ini. Fitur unggulannya adalah menawarkan desain yang simpel dan modern.

Editornya sangat menarik dan fungsional. Dalam membuat konten juga tersedia fitur drag and drop sehingga sangat mudah untuk dioperasikan.

Selain itu, CMS ini sangat cocok untuk blogging dan editing utamanya dalam bidang desain.

Anda dapat menggunakannya untuk membuat tampilan dan landing page yang sederhana akan tetapi mudah dioperasikan. Meski begitu, tampilannya sangat menarik.

19. Dotclear CMS Website Terbaik

Dotclear CMS Website Terbaik

Mirip dengan Serendipity, Dotclear juga sangat cocok untuk membuat blog dan website yang sederhana.

Opsi editingnya cukup mirip dengan WordPress hanya saja tidak sepopuler CMS tersebut. Anda bisa melakukan publish postingan, manajemen, juga klasifikasi berbagai topic.

Anda dapat menulis post dalam bentuk teks, HTML, Wiki Syntax yang sangat jarang ditemukan. Selain itu juga bisa membuat RSS feed dengan menginstal plugin dan tema untuk menambahkan fungsi baru pada CMS.

20. Perch

Perch

CMS ini dapat digunakan apabila membayar lisensi sebesar 35 poundsterling untuk satu domain yang ingin dijalankan menjadi website. Anda juga bisa menggunakan tags PGP untuk dapat mengelola area tertentu yang dapat diedit.

Selain itu desainer juga bisa mengedit ulang interface sehingga terlihat lebih menarik.

CMS sangat diperlukan untuk megembangkan website, blog, berjualan online, media, atau berbagai hal yang menyangkut pertukaran arus informasi dan juga bisnis di internet.

Setiap website memiliki content management system sendiri yang mempermudahnya untuk mengembangkan konten.

Itulah beberapa CMS website terbaik yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan dalam mengembangkan konten.

Apapun konten yang ingin dikembangkan baik itu website perusahaan, blogging, e-commerce, gunakanlah CMS yang sesuai dengan tipe bisnis Anda.

Bagikan:

Tags

Joko Warino

Seorang praktisi SEO (Search Engine Optimization) dari tahun 2013 yang selalu berusaha meningkatkan kemampuan seiring dengan perubahan logaritma yang dilakukan oleh Google.

Tinggalkan komentar